Berita Kronologi Japan Airlines Tabrak Pesawat Lain sampai Terbakar, 5 Tewas

by


Jakarta, Pahami.id

Lima orang tewas setelah pesawat itu jatuh Maskapai Jepang menabrakkan pesawat Penjaga Pantai di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo, Jepangpada Selasa (2/1) malam waktu setempat.

Api muncul dari jendela dan bagian bawah Japan Airlines Airbus 516 setelah kecelakaan itu.

Laporan dari CNNAirbus A350-900 jatuh dan terbakar setelah terbang menuju Haneda dari kota Sapporo di Jepang utara, pada pukul 17.47 waktu setempat.


Pada cuplikan video dari media Jepang NHKterlihat pesawat Japan Airlines yang membawa 367 penumpang dan 12 awak kabin menabrak pesawat, yang mengakibatkan kebakaran besar di landasan.

Pesawat kemudian terlihat berhenti dengan api besar melalap badan pesawat. Setelah pesawat berhenti, penumpang menggunakan perosotan darurat untuk menghindari api saat petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api yang semakin besar.

Menurut informasi, pesawat Coast Guard yang ditabrak Japan Airlines sedang dalam perjalanan dari Bandara Haneda menuju pangkalan udara di Prefektur Niigata, untuk membantu mengantarkan bantuan kepada korban gempa.

Hingga saat ini, keterangan resmi mengenai penyebab kejadian tersebut masih belum jelas, namun pemberitaan televisi lokal menyebutkan pesawat Airbus bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai.

5 awak Penjaga Pantai tewas

Lima awak Penjaga Pantai dipastikan tewas dalam kecelakaan pesawat ini.

Lima orang yang tewas merupakan awak pesawat penjaga pantai yang akan menjalankan misi bantuan gempa Jepang ke Prefektur Ishikawa.

Hanya satu orang yang selamat dari pesawat penjaga pantai Bombardier Dash-8 yang ditabrak pesawat Japan Airlines, dikutip dari Guardian.

Sebelumnya, total 367 penumpang pesawat Japan Airlines dievakuasi setelah pesawat terbakar di landasan Bandara Haneda Tokyo, Jepang.

KBRI Tokyo sedang mencari calon WNI

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo segera berkoordinasi dengan otoritas Bandara Haneda Jepang, mencari informasi kemungkinan adanya keterlibatan warga negara Indonesia (WNI) dalam insiden terbakarnya pesawat Japan Airlines pada Selasa (2/1) sore.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha mengatakan, saat ini KBRI Tokyo sedang bergerak untuk mengoordinasikan tindak lanjut kejadian tersebut.

KBRI Tokyo sedang berkoordinasi dengan otoritas bandara terkait kemungkinan WNI berada di pesawat JAL (Japan Airlines), kata Judha dalam keterangannya.

Selain itu, KBRI Tokyo juga mengantisipasi kemungkinan adanya WNI yang terjebak di Bandara Haneda, menyusul pembatalan beberapa penerbangan.

[Gambas:Video CNN]

(dna/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);