Berita KPU Ingatkan Batas Akhir Lapor Dana Kampanye Peserta Pemilu Hari Ini

by


Jakarta, Pahami.id

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik mengingatkan seluruh peserta pemilu untuk melaporkan diri dana kampanye kepada Kantor Akuntan Publik (KAP). Idham mengatakan, batas waktu pelaporan pada hari ini, Kamis (29/2).

Idham mengatakan, laporan keuangan kampanye dapat disampaikan melalui Sistem Informasi Dana Kampanye dan Kampanye (Sikadeka).

“Berdasarkan Lampiran I Peraturan KPU No. 18 Tahun 2023, hari ini (29 Februari 2024) adalah batas akhir penyampaian Laporan Dana Kampanye (LPPDK/Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye) kepada KAP,” kata Idham.


Idham mengingatkan peserta pemilu untuk jujur ​​dalam menyampaikan laporan keuangan kampanye. Hal ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Dalam Pasal 496, kata Idham, disebutkan peserta pemilu yang dengan sengaja memberikan informasi palsu dalam laporan keuangan kampanye pemilu dapat dipidana 1 tahun penjara. Selain itu, dapat dikenakan denda maksimal Rp12.000.000,00.

Kemudian dalam Pasal 497 dijelaskan, siapa pun yang dengan sengaja memberikan keterangan palsu dalam laporan keuangan kampanye, dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun.

“Dan dendanya maksimal Rp. 24.000.000,00,” ujarnya.

Peserta pemilu terdiri dari partai politik untuk pemilihan anggota DPR, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, perseorangan untuk pemilihan anggota DPD, dan pasangan calon yang diusulkan oleh Partai Politik atau Koalisi Partai Politik. untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Pada pemilu kali ini, ada tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang bersaing. Paslon Paslon 01, Anies – Muhaimin. Paslon 02, Paslon-Gibran dan Paslon 03, Ganjar-Mahfud.

Pemungutan suara nasional berlangsung pada 14 Februari. Saat ini, KPU masih melakukan rekapitulasi suara secara bertahap.

(Yala/Senin)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);