Berita KPU Gelar Debat Perdana Pilgub Jatim 18 Oktober, Tema Kebutuhan Dasar

by


Surabaya, Pahami.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akan menggelar debat pertamanya Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024Jumat depan (18/10). Tema yang akan dibahas paslon adalah kebutuhan dasar dan kesejahteraan masyarakat.

Tema debat pertama adalah kebutuhan pokok, serta kesejahteraan, pendidikan dan lain sebagainya, kata KPU Jatim, Komisioner KPU Jatim Bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Nur Salam, saat dikonfirmasi. CNNIndonesia.comKamis (3/10).


Namun, kata Nur Salam, saat ini pihaknya masih mematangkan detail pelaksanaan dan persiapan debat pertama. Termasuk panelis yang akan menyiapkan pertanyaan.

“Panelnya belum disusun, masih kita tentukan, tentunya panelisnya dari kampus-kampus yang ada di Jatim. Mulai dari Unair, Unibraw, Unej, lalu Unesa dan beberapa kampus lainnya,” ujarnya.


“Karena kita melihat kualifikasinya sesuai tema. Tapi yang jelas anggota panel kita tidak kekurangan, banyak kampus besar dan tokoh nasional di Jatim,” tambah Nur Salam.

Enam segmen debat Pilgub Jatim I

Debat akan dilaksanakan dalam enam sesi atau segmen. Terdapat segmen pemaparan visi dan misi, segmen pertanyaan panel, beberapa segmen saling menanggapi dan terakhir segmen pernyataan penutup.

Nur Salam mengatakan, rencana lokasi debat pertama Pilgub Jatim 2024 akan digelar di Grand City Convention Center, Surabaya.

KPU Jatim, kata Nur Salam, akan menerapkan sejumlah aturan bagi pendukung pasangan calon yang ingin hadir. Salah satunya soal pembatasan jumlah massa.

“Karena paslonnya ada tiga tentunya [massa] “Banyak, tapi perkiraan sementara minimal 100 penonton, semuanya mengenakan pakaian adat,” ujarnya.

Dalam debat yang berlangsung, Nur Salam mengimbau kepada setiap pendukung paslon untuk menjaga ketertiban, dan tidak saling serang antar kelompok dan menimbulkan kericuhan.

“Jadi cocok slogan kami di KPU Jatim pada Pilgub Jatim, slogan“Ini soal ‘bersenang-senang bersama’, jadi kami tetap menghimbau kepada suporter untuk tidak saling serang, sehingga nanti kami beri waktu kepada mereka untuk meneriakkan slogan-slogan,” ujarnya.

Massa pendukung, kata dia, juga tidak diperkenankan membawa sifat sendiri-sendiri. KPU Jatim akan menyediakannya.

Lebih lanjut, kata dia, debat kedua Pilgub Jatim akan dilaksanakan pada 3 November 2024 dengan mengangkat tema ekonomi dan infrastruktur meliputi pertumbuhan, pembangunan, infrastruktur ketenagakerjaan dan lain sebagainya.

Sedangkan debat ketiga Pilgub Jatim 2024 akan digelar pada 16 November 2024. Tema yang dibahas adalah hukum, birokrasi, dan hak asasi manusia. Termasuk birokrasi, budaya, hukum, dll.

(frd/anak)