Berita KPU Akui 1.223 TPS Salah Input Rekapitulasi Pilpres 2024 ke Sirekap

by


Jakarta, Pahami.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui adanya kesalahan dalam memasukkan data hasil pemilu presiden atau Pilpres 2024 dari sekitar 1.223 TPS (TPS) ke Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Komisioner KPU Betty Idroos mengatakan, kesalahan input data ini terjadi pada surat suara Pilpres dan Wakil Presiden. KPU mengetahui hal itu setelah adanya pemberitahuan dari sistem.

“Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, berdasarkan data hari ini, 19 Februari 2024 hari keenam pukul 08.52 WIB, masih ada 1.223 dari 800 ribu TPS yang mengalami kesalahan data. Setelah sistem terbaca, ada data yang tidak sesuai,” kata Betty dalam jumpa pers di kantor KPU RI, Jakarta, Senin (19/2).


Betty menjelaskan, kesalahan data satu pasangan calon terjadi di 822 TPS. Kemudian terjadi kesalahan data beberapa pasangan calon di 233 TPS. Di 108 TPS lainnya, terjadi kesalahan data pada tiga pasangan calon.

Ia mengatakan, KPU tidak akan tinggal diam. Menurut Betty, KPU selalu menurunkan petugas untuk mengoreksi data jika ada laporan dari sistem.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Hal ini kami komunikasikan secara terbuka dan terus ditingkatkan oleh KPU tingkat kabupaten/kota,” kata Betty.

KPU menerapkan Sirekap pada Pemilu Serentak 2024. Sistem informasi elektronik menampilkan data rekapitulasi hasil suara secara digital di setiap TPS.

KPPS mengunggah hasil pemungutan suara di setiap TPS ke dalam sistem. Masyarakat dapat mengakses hasilnya di setiap TPS di tanah air melalui satu sistem.

Meski begitu, Sirekap tidak dijadikan acuan dalam menentukan hasil pemilu. KPU terus menggelar rekapitulasi manual secara bertahap mulai tingkat kecamatan hingga nasional selama 35 hari untuk menghitung perolehan suara peserta pemilu dan pilpres.

Rekapitulasi ditargetkan selesai pada 20 Maret 2024.

(dhf/rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);