Berita KPK Usut Kasus Baru Pengadaan Lahan di Rorotan, 10 Orang Dicegah ke LN

by


Jakarta, Pahami.id

Komisi Pemberantasan Korupsi (Komisi Pemberantasan Korupsi) membuka penyidikan baru terkait dugaan kasus korupsi pengadaan tanah di Rotoan, Jakarta Utara, oleh BUMD Sarana Jaya. Setidaknya 10 orang telah dicegah meninggalkan negara itu.

Bahwa sehubungan dengan penyidikan dugaan korupsi pengadaan tanah di lokasi Rorotan DKI Jakarta oleh BUMD SJ, pada tanggal 12 Juni 2024, Komite Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengusulkan larangan 10 orang ke luar negeri untuk tujuan tersebut. 6 tahun ke depan. (enam) bulan,” kata Tim Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Budi Prasetyo melalui keterangan tertulis, Kamis (13/6).


Kesepuluh orang yang dimaksud adalah ZA, Prajurit; MA, Pegawai Swasta; FA, Pengusaha; NK, Pekerja Swasta; DBA, Manajer PT CIP dan PT KI; PS, Manajer PT CIP dan PT KI; JBT, Notaris; SSG, Advokat; LS, Pengusaha; dan M, Pengusaha.

Ada tersangka yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) namun tidak disebutkan secara jelas. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipimpin Jilid V biasanya akan menyampaikan identitas tersangka seiring dengan konstruksi kasus yang tuntas serta upaya penangkapan dan penahanan secara paksa.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Kasus ini merupakan pengembangan dari kasus pengadaan tanah di Pulogebang yang menjerat Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya periode 2016-2021, Yoory Corneles Pinontoan dkk. Menurut Komisi Pemberantasan Korupsi, kasus ini menimbulkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 256.030.646.000 (Rp 256 miliar).

Kejahatan tersebut dilakukan Yoory bersama pemilik manfaat PT Adonara Propertindo Rudy Hartono Iskandar dan Direktur Operasi Tommy Adrian.

Yoory disebut mendapat untung Rp 31,8 miliar, sedangkan Rudy meraup untung Rp 224 miliar. Ia pun divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor, termasuk dalam kasus hukum yang ditangani Bareskrim Polri.

(ryn/pmg)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);