Berita Korsel Was-was Korut Bakal Kirim Lagi Balon Isi Tinja dan Sampah

by


Jakarta, Pahami.id

Korea Selatan siaga telah berakhir Korea Utara mengirimkan balon berisi sampah dan kotoran di kawasan perbatasan.

Militer Korea Selatan memperkirakan balon kotoran Korea Utara akan dikirim kembali ke Negeri Ginseng tersebut pada 1 Juni mendatang.

Diperkirakan akan terjadi pelepasan balon dari utara ke selatan, kata pejabat Staf Gabungan Korea Selatan, Jumat (31/5), dikutip AFP.


Dia kemudian berkata, “Kami memantau dengan cermat pergerakan militer Korea Utara, dan jika balon diluncurkan, pengumuman akan disampaikan kepada media.”

Dia juga mengatakan Korea Utara menyadap sinyal GPS selama tiga hari berturut-turut. Meski demikian, militer Korea Selatan tetap berusaha semaksimal mungkin.

Kepala staf kemudian meminta warga untuk tidak menghubungi atau menyentuh balon tersebut, dan melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat benda asing.

Korea Utara mengirimkan sekitar 260 balon kotoran ke Korea Selatan pada Selasa (28/5).

Kim Yo Jong, adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, mengungkap alasan pemerintah menyerang Korea Selatan dengan menggunakan balon berisi kotoran dan sampah.

Yo Jong membenarkan, banyak kertas bekas dan sampah berserakan di perbatasan. Dia meminta Korea Selatan untuk memperlakukan balon-balon itu sebagai “hadiah yang tulus.”

“Kami mencoba sesuatu yang selalu mereka lakukan, tapi saya tidak mengerti mengapa mereka membuat keributan seperti terkena peluru,” kata Yo Jong, dikutip AFP.

Yo Jong pun kemudian mempertanyakan kritik Korea Selatan yang menyebut tindakan tersebut ilegal. Ia mengibaratkan balon-balon yang sering diterbangkan aktivis Korea Selatan ke perbatasan Korea Utara.

Aktivis Korea Selatan kerap mengirimkan balon berisi kritik terhadap rezim Kim dan melabeli tindakan tersebut sebagai kebebasan berpendapat.

(isa/dna)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);