Berita Korlantas Polri Siapkan Buffer Zone Tol Merak saat Mudik Lebaran 2024

by


Jakarta, Pahami.id

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Nasional negara tempat istirahat di ruas tol Jakarta-Merak akan digunakan sebagai daerah penyangga untuk mengantisipasi kemacetan di pelabuhan Merak saat arus balik lebaran 2024.

Hal itu disampaikan Direktur Penindakan Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso saat meninjau kesiapan infrastruktur komuter di Tol Jakarta-Merak, Senin (4/3).

Sistem kata slamet daerah penyangga Kemudian, rest area akan diterapkan di kilometer (KM) 43 dan KM 68 di tol arah Merak. Skema tersebut, kata dia, akan mulai diterapkan pada H-7 Aidilfitri 2024.


“Kalau situasi di sini (Pelabuhan Merak) merah atau ada lebih dari 1.000 (kendaraan), akan diberitahukan kepada yang di KM 86. Nanti yang di KM 86 segera dialihkan ke zona penyangga,” ujarnya saat jumpa pers. konferensi.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Slamet mengatakan, hal serupa juga akan dilakukan petugas yang menertibkan rest area KM 43. Selain itu, kata dia, arus kendaraan juga akan diperlambat dengan mengurangi jumlah pintu tol yang beroperasi di kawasan Cikupa.

“Setelah itu pembukaannya sama seperti sebelumnya. Tunggu dari sini (pelabuhan), nanti akan dilepas berapa lowongan dari KM 86, dari KM 43 juga,” kata Slamet.

Selama kendaraan dialihkan ke daerah penyanggaPetugas juga akan memastikan kepemilikan tiket bagi masyarakat yang hendak menyeberang ke Lampung.

Jika masih ada pengemudi yang belum memiliki tiket, kata dia, akan diarahkan ke loket penjualan tiket ASDP.

Pasalnya, dia mengingatkan, pada musim mudik tidak ada pembelian tiket di Pelabuhan Merak.

“Iya (ada pengecekan tiket), jadi yang belum beli tiket siap-siap (di loket) tiket untuk feri. “Semuanya sudah dipersiapkan,” kata Slamet.

(tfq/bmw)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);