Berita Kian Sesak, Pengungsi Gaza Bertahan di 1 Tenda untuk 15 Orang

by


Jakarta, Pahami.id

Tempat penampungan darurat bagi warga GazaPalestina Jumlah orang yang mengungsi semakin meningkat. Hal ini terjadi di tengah-tengah serangan Israel yang sedang berkembang.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) melaporkan bahwa rata-rata satu tenda dapat menampung lebih dari 15 orang. Artinya jumlah ruang per orang kurang dari batas minimum’standar bola‘.

Standar bola adalah prinsip atau standar minimum dalam empat bidang respons kemanusiaan. Ini termasuk air, sanitasi dan kebersihan, makanan, tempat tinggal dan kesehatan.

“Hal ini menempatkan pengungsi pada risiko kondisi tidak sehat dan penyakit menular,” kata OCHA dalam sebuah pernyataan. Al Jazeera.


OCHA juga mengatakan, tempat penampungan sementara yang dibangun secara mandiri saat ini tidak cukup mampu menahan kondisi cuaca saat ini.

“Tempat penampungan sementara yang dibangun sendiri dari bahan bekas tidak cukup untuk menahan kondisi cuaca saat ini,” tulis OCHA.

Sementara itu, biaya untuk hunian lain dalam bentuk apartemen juga meningkat.

Di wilayah selatan Gaza, OCHA mencontohkan, harga sewa apartemen lebih dari 800 persen di atas harga normal. Hal ini disebabkan rendahnya jumlah unit yang tersedia di wilayah tersebut.

Agresi Israel terhadap Palestina masih berlanjut hingga saat ini. Korban tewas di Jalur Gaza bahkan mencapai lebih dari 23 ribu orang hingga Selasa (9/1).

Jumlah korban tersebut setara dengan satu persen dari total populasi sekitar 2,3 juta warga Palestina di Gaza.

(pantat/pantat)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);