Berita Ketua DPRD Optimistis Prabowo Wujudkan Pemekaran Kabupaten Bogor

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua DPRD bogorJawa Barat, Rudy Susmanto yakin Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mewujudkan pemekaran wilayah atau pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Bogor Barat dan Bogor Timur.

Rudy menyatakan, keinginan pemekaran yang sudah lama diajukan oleh tokoh dan masyarakat sudah mencapai tahap akhir di tingkat Kabupaten Bogor dan Provinsi Jawa Barat.

“Pembangunan daerah menjadi fokus kita bersama dan tahapan di Kabupaten Bogor sudah selesai, dan di tingkat provinsi juga sudah selesai,” ujarnya di Cibinong, Minggu (21/7) seperti dikutip dari di antara.


Rudy menjelaskan, tingkat selanjutnya ada di tingkat pusat.

Ia mencontohkan, moratorium pemekaran yang belum dicabut menjadi salah satu kendala utama pemekaran DOB.

“Selanjutnya, Bupati dan Wakil Bupati terpilih harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan Presiden RI periode 2024-2029, karena kuncinya adalah pencabutan moratorium,” jelas Rudy.

Menurutnya, periode pemerintahan Prabowo Subianto berikutnya akan membawa harapan baru untuk mewujudkan terbentuknya dua daerah otonom baru tersebut.

Pasalnya, kata dia, Prabowo juga merupakan warga Kabupaten Bogor sehingga memahami keinginan masyarakat untuk mempercepat pembangunan melalui pemekaran. Apalagi menurutnya, Kabupaten Bogor saat ini dinilai terlalu luas dan memiliki jumlah penduduk terbanyak dibandingkan kabupaten lain di Indonesia.

Oleh karena itu, Rudy pun mengajak masyarakat memberikan ruang yang cukup kepada pemerintah pusat untuk mempertimbangkan kebutuhan mendesak pemekaran Kabupaten Bogor dengan membentuk DOB Bogor Barat dan Bogor Timur.

(Antara/anak-anak)