Berita Kemlu RI Buka Suara soal Klaim 10 WNI Jadi Tentara Bayaran di Ukraina

by


Jakarta, Pahami.id

Kementerian Luar Negeri Indonesia sudah buka suara terkait tuntutan tersebut Rusia yang menyebut ada 10 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi tentara bayaran di Ukraina.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal mengatakan laporan tersebut perlu diselidiki lebih lanjut.

Informasi tersebut perlu didalami lebih lanjut, kata Iqbal melalui pesan singkat, Jumat (15/3).


Informasi tersebut awalnya dibagikan Kementerian Pertahanan Rusia yang dirilis Kedutaan Besar Rusia di Indonesia. Iqbal pun menyarankan untuk menanyakan informasi tersebut kepada pihak Rusia.

“Silakan tanyakan kepada pihak Rusia mengenai data yang mereka miliki,” kata Iqbal.

Berdasarkan data Kementerian Pertahanan Rusia, dari 10 WNI yang disebut menjadi tentara bayaran di Ukraina, empat di antaranya tewas dalam pertempuran.

“Kementerian Pertahanan Rusia terus mendata dan mendaftarkan seluruh tentara bayaran asing yang tiba di Ukraina untuk ikut serta dalam pertempuran,” demikian pernyataan Kedutaan Besar Rusia di Indonesia.

Kedutaan Besar Rusia menyebutkan sejak 24 Februari 2022, sekitar 13.387 tentara bayaran asing telah memasuki Ukraina. Berdasarkan data tersebut, Polandia menyumbang tentara bayaran terbanyak yakni sekitar 2.960 orang.

Kedutaan Besar Rusia di Indonesia tidak merinci kapan tentara bayaran tersebut datang ke Ukraina. CNNIndonesia.com Saya telah menghubungi Kedutaan Besar Rusia tetapi tidak ada jawaban.

Sementara itu, Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin membantah data tersebut. Hamianin justru mempertanyakan validitas data Kementerian Pertahanan Rusia.

“Kita semua tahu bahwa pihak berwenang Rusia adalah pembohong dan provokator yang terampil,” kata Hamianin CNNIndonesia.com.

(blq/dna)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);