Berita Kemlu RI Buka Suara Pilot Susi Air Setahun Disandera OPM

by


Jakarta, Pahami.id

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia buka-bukaan soal pilot asing Air Susi Philip Mehrtens yang masih disandera Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Hari ini Menlu melakukan percakapan telepon dengan mitranya, Menlu Selandia Baru. Selain membahas berbagai aspek bilateral, beliau juga membahas upaya pembebasan sandera Kapten Phillip,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal. dalam pesan singkat yang diterima Pahami.id, Rabu (7/2).


Dalam diskusi tersebut, Menlu Retno menyampaikan upaya pembebasan sandera masih terus dilakukan dengan menekankan upaya persuasif dan memastikan akses konsuler bagi Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta, tambahnya.

Sebelumnya, Selandia Baru mendesak OPM segera membebaskan warganya paling lambat 7 Februari.

“Kami sangat mendesak mereka yang menahan Phillip untuk segera melepaskannya dan tanpa membahayakan. Penahanannya yang berkelanjutan tidak akan menguntungkan siapa pun,” kata Peters, Senin (5/2).

Peters mengatakan pemerintah Selandia Baru terus berkoordinasi dan bekerja sama secara luas dengan pihak berwenang di Indonesia untuk memastikan pembebasan Mehrtens dengan aman.

Sebelumnya, Juru Bicara OPM Sebby Sambom menyebarkan video pernyataan Mehrtens yang meminta bantuan kebutuhan pribadi seperti obat asma dan e-book.

“Hai, selamat pagi. Komandan bilang dia bisa membantuku memesankan beberapa barang untukku,” kata Mehrtens dalam rekaman itu.

Dia kemudian berkata, “Bisakah Anda membantu saya mendapatkan satu atau dua perangkat Ventolin untuk membantu mengatasi asma saya? Dan jika memungkinkan, bisakah saya mendapatkan pembaca e-book berbahasa Inggris sebanyak mungkin. Saya sangat menghargainya. Terima kasih.”

(blq/baca)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);