Berita Keluarga Pilot Selandia Baru yang Tewas Dibunuh KKB: Hati Kami Hancur

by


Jakarta, Pahami.id

keluarga pilot Selandia Baru yang dibunuh oleh Pertubuhan Papua Merdeka (OPM) Glenn Malcolm Conning buka-bukaan soal kejadian tersebut.

Dalam keterangan resminya, salah satu anggota keluarga Conning, Natasha Conning mengatakan, pilot merupakan sosok yang dicintai banyak orang.


“Hati kami hancur karena kehilangan yang mengenaskan ini,” kata keluarga Conning dalam rilisnya, Selasa (8/6). Radio Selandia Baru.

Keluarga Conning pun mengaku mengapresiasi seluruh dukungan dan kasih sayang yang dicurahkan sejak pembunuhan tersebut.

Sekolah Conning, Sekolah St Peter di Cambridge, juga menyampaikan belasungkawa di Facebook.

“Glen berada di St Peter’s dari tahun 1988-1991. Dia adalah Ketua Broadhurst House pada tahun 1990 dan sangat aktif sebagai olahragawan,” kata postingan mereka.

“Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga dan teman-teman Glen,” tambah pihak sekolah.

Sebelumnya, Kepala Operasi (Kaops) Satgas Perdamaian Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani mengungkap meninggalnya Conning.

Benar adanya penyanderaan dan pembunuhan yang dilakukan KKB terhadap Glen Malcolm Conning yang merupakan pilot helikopter Air Services PT Intan Angkasa, ujarnya dalam keterangan resmi.

Faizal juga mengatakan, KKB membakar helikopter IWN MD.500 ER PK di Distrik Alama, Mimika, Papua Tengah, sekitar pukul 10.00 WIB.

Kabupaten Alama merupakan daerah terpencil di Papua.

Helikopter itu membawa dua orang dewasa, seorang bayi dan seorang anak-anak.

Sementara itu, Satgas Humas Perdamaian Cartenz Kombes Bayu Suseno mengatakan, berdasarkan keterangan saksi D, penumpang yang terlibat dihadang KKB usai mendarat.

Bayu mengatakan, anggota KKB yang berada di lokasi menodongkan senjata. Ia pun membawa pilot dan penumpang ke area pembersihan di sekitar lokasi pendaratan.

“Setelah itu KKB langsung membunuh pilotnya. Jenazah pilot dibawa ke helikopter lalu dibakar bersama helikopter,” kata Bayu.

Sedangkan penumpang yang merupakan warga sekitar selamat.

(isa/bac)