Berita Kekurangan Sopir Taksi, Jepang Akan Gelar Ujian SIM dalam 20 Bahasa

by


Jakarta, Pahami.id

Jepang berencana menawarkan tes untuk mendapatkan SIM (surat ijin Mengemudi) dalam bahasa asing untuk mengatasi kekurangan supir taksi dan bus di negara tersebut.

Mengutip dari kantor berita Jepang, Agensi KyodoBadan Kepolisian Nasional (NPA) akan segera mendistribusikan contoh soal ujian dalam 20 bahasa ke kantor polisi prefektur di seluruh Jepang pada akhir Maret.

Kedepannya, kepolisian setempat dapat menggunakan contoh soal ujian sebagai panduan untuk mengembangkan soal berdasarkan kebutuhan setempat.


Mayoritas dari 20 bahasa tersebut adalah bahasa Asia seperti Cina, Korea, dan Tagalog. Namun ada juga bahasa Inggris dan Portugis.

Pendekatan baru terhadap pertanyaan multibahasa untuk permohonan SIM kelas 2 muncul setelah pelaku industri di Jepang menghadapi kekurangan pengemudi. Mereka meminta pemerintah Jepang berupaya lebih keras agar orang asing bisa bekerja di sektor terkait.

Surat izin mengemudi diperlukan untuk mengoperasikan kendaraan penumpang, seperti bus dan taksi.

NPA mengakui, ujian SIM bahasa asing sebelumnya tidak tersedia karena tidak ada permintaan khusus. Kebijakan ini akan mengikuti sistem tes SIM kelas 1 untuk mobil pribadi, sepeda motor, dan mobil lainnya.

Sejak 2009, NPA telah menyelenggarakan ujian SIM dalam bahasa Inggris. Dan, tes SIM kelas 1 kini tersedia dalam 20 bahasa.

Selain soal peraturan lalu lintas seperti pada ujian SIM kelas 1, ujian pemegang SIM kelas 2 juga menguji pengetahuan pengemudi tentang tata cara keselamatan kendaraan seperti pemeriksaan rem. Ujian ini murni teknis dan tidak ada pertanyaan tentang interaksi dengan pelanggan.

(anak/anak-anak)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);