Berita Kebakaran Hutan Kolombia Hancurkan Lebih dari 17 Ribu Hektare Lahan

by


Jakarta, Pahami.id

Dampaknya, lebih dari 17 ribu hektar lahan hancur api hutan hancur Kolumbia sejak November tahun lalu.

Otoritas setempat pada Jumat (26/1) mengatakan Kolombia sedang menghadapi bulan Januari terpanas dalam beberapa dekade.

Menteri Lingkungan Hidup Kolombia Susana Muhamad mengatakan lebih dari 340 kebakaran tercatat selama periode tersebut, dipicu oleh kekeringan berkepanjangan, panas tinggi, dan fenomena cuaca El Nino. Ia menambahkan, saat ini masih ada 26 titik api yang berkobar.


Kolombia telah memadamkan beberapa titik api di dekat ibu kota sejak Senin, termasuk beberapa di pegunungan yang menghadap ke Bogota, dan pihak berwenang telah menyarankan warga yang tinggal di dekat lokasi kebakaran agar tidak meninggalkan rumah mereka karena kualitas udara yang buruk.

“Hari ini, terjadi kebakaran di Nevada del Cocuy, sebuah taman alam dengan puncak yang tertutup salju sekitar 250 kilometer (155 mil) timur laut Bogota,” kata Muhamad dalam konferensi pers seperti diberitakan. AFP.

Dia menambahkan bahwa api berada pada titik yang “cukup tinggi” di taman, sehingga helikopter telah dikerahkan untuk menilai situasi.

Asap di Bogota

Salah satu kebakaran terjadi sekitar 900 meter dari lingkungan El Paraiso di Bogota timur.

Beberapa warga yang terkena dampak asap sedang dirawat, tulis Palang Merah Kolombia di Bogota di platform media sosial X, bersama dengan foto pekerja darurat membantu seorang pria mengenakan masker.

Presiden Gustavo Petro minggu ini mengumumkan bencana alam, sehingga dana dialihkan dari anggaran lain untuk memadamkan kebakaran, dan meminta bantuan internasional.

Bandara internasional El Dorado di Bogota kembali beroperasi normal pada hari Jumat setelah pembatasan pada hari sebelumnya memengaruhi 138 penerbangan.

Menurut Ghisliane Echeverry, direktur Institut Hidrologi, Meteorologi dan Studi Lingkungan di Kolombia, bulan ini akan menjadi bulan Januari terhangat dalam 30 tahun terakhir.

Echeverry memperingatkan bahwa bulan Februari akan mengalami suhu yang lebih tinggi, dan hanya pada bulan Maret hujan akan membantu “mengurangi” dampak panas ekstrem.

Pihak berwenang sedang menyelidiki apakah pelaku pembakaran menyebabkan beberapa kebakaran, dan polisi telah menangkap 26 orang karena “pelanggaran terkait kebakaran”.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);