Berita Kebakaran di Somerset House London, 125 Petugas Damkar Diterjunkan

by


Jakarta, Pahami.id

api berlangsung di Somerset House, pusat seni bersejarah di Londonpada Sabtu (17/8) waktu Inggris. Salah satu bagian gedung seni terbakar, Somerset House ditutup sementara.

“Somerset House kini ditutup karena kebakaran di sebagian kecil gedung,” tulis pengumuman Somerset House di X (sebelumnya Twitter).


Akun resmi Somerset House mengonfirmasi bahwa seluruh staf dan pengunjung selamat setelah kebakaran. Mereka juga mengatakan petugas pemadam kebakaran sedang berupaya mencegah api menyebar lebih jauh.

“Seluruh staf dan masyarakat aman, dan lokasi ditutup,” demikian bunyi akun resmi Somerset House.

“Pemadam Kebakaran London tiba dengan cepat dan kami bekerja sama dengan mereka untuk mengendalikan penyebaran api,” lanjutnya.

Dikutip dari AFP, kepulan asap tebal mengepul di atas gedung Somerset House yang membentang sekitar 180 meter di sepanjang tepian Sungai Thames.

Akibat kebakaran tersebut, Brigade Pemadam Kebakaran London mengerahkan 20 mesin dan 125 petugas untuk memadamkan api.

“20 mobil pemadam kebakaran dan sekitar 125 petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api di Somerset House,” tulis brigade tersebut di X. “Petugas terus berupaya mengendalikan api di atap gedung.”

Somerset House merupakan bekas istana kerajaan dan rumah megah yang kini telah disulap menjadi pusat seni, budaya, dan hiburan.

Bangunan ini dibangun pada tahun 1547 dan terletak di tepi Sungai Thames di pusat kota London. Elizabeth I tinggal di Somerset House sebelum dinobatkan sebagai ratu pada tahun 1558.

Selain itu, gedung ini juga pernah menjadi markas Tentara Parlemen pada masa Perang Saudara Inggris. Begitu pula dengan kantor Angkatan Laut dan Pendapatan Dalam Negeri yang berbasis di sana.

Somerset House adalah rumah bagi karya seni berharga, seperti lukisan Vincent van Gogh berjudul “Potret Diri dengan Telinga Dibalut“.

Lokasi ini juga pernah menjadi lokasi syuting beberapa film, seperti dua film James Bond, Sleepy Hollow karya sutradara Tim Burton, dan film The Duchess yang dibintangi Keira Knightley dan Ralph Fiennes.

(pra)