Berita Kantor Rekrutmen Kerja Digeruduk Pelamar, Tuntut Uang Kembali

by


Jakarta, Pahami.id

A kantor ketenagakerjaan yang berlokasi di Jalan Ciledug Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan digerebek pelamar pada Selasa (1/10) sekitar pukul 10.00 WIB.

Peristiwa tersebut terekam dalam video dan menjadi viral di media sosial. Dalam video yang viral, terlihat para pelamar kerja berbondong-bondong menuju kantor.


Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Kebayoran Lama, AKP Ivo Amelia mengatakan, pihaknya langsung menuju lokasi setelah mendapat laporan.

Dari hasil pemeriksaan, kata Ivor, para pelamar kerja datang ke kantor dengan tujuan meminta uangnya kembali.


“Tiga pelamar kerja didekati untuk meminta pengembalian uang administrasi yang telah diserahkan kepada PT Selamat Antar Sukses,” kata Ivo kepada wartawan, Rabu (2/10).

Sedangkan informasi dari kantor menjelaskan bahwa pelamar datang ke kantornya setelah menerima panggilan atau melihat iklan lowongan.

Pelamar kemudian diminta untuk menyerahkan dokumen lamarannya ke resepsionis. Setelah itu, pelamar akan diminta menjalani tes psikologi, wawancara, dan tes kesehatan memeriksa dan lainnya. Biaya pemeriksaan kesehatan ditanggung oleh pemohon.

“Jika kamu lulus kedokteran memeriksa Kemudian, pelatihan penempatan kerja dilakukan. “Jika lulus/diterima setelah pelatihan, pelamar menandatangani perjanjian kerja. Jika pelatihan tidak lulus, ada proses pengembalian dana yang sudah diserahkan ke PT Selamat Antar Sukses sebagai uang administrasi,” kata Ivo.

Ivo mengatakan, keributan antara pelamar kerja dan pihak kantor berakhir damai, setelah pihak perusahaan sepakat mengembalikan uang tersebut.

“Uang yang diberikan kepada ketiga pelamar kerja masing-masing sebesar Rp200.000, Rp300.000, dan Rp450.000,” kata Ivo.

“Setelah biaya administrasi dikembalikan kepada pelamar pekerjaan, masing-masing pelamar meninggalkan lokasi dengan tertib,” imbuhnya.

(des/fr)