Berita Kandas di MK, Ketum PPP Cari Cara Lain Untuk Lolos ke DPR

by


Jakarta, Pahami.id

Penjabat Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono mengatakan partainya akan mencari cara lain untuk mendapatkan keadilan dan mendapatkan kursi di DPR periode 2024-2029. Pemilu 2024 sebelum ditetapkan oleh KPU.

Upaya itu diambil setelah partai berlambang Candi itu hampir dipastikan gagal meraih kursi DPR RI di Senayan pada Pemilu Legislatif 2024. Pasalnya, tak ada gugatan PPP terkait sengketa keputusan Pileg DPR. Mahkamah Konstitusi (MK) sudah diberikan.

Soal perolehan kursi DPR, sebelum KPU memutuskan akan dilantik, masih ada ruang, banyak cara dan tempat untuk mendapatkan keadilan, kata Mardiono kepada CNNIndonesia.comSelasa (11/6).


Sementara itu, Mardiono menilai Mahkamah Konstitusi belum memberikan rasa keadilan atas gugatan yang diajukan PPP pada pemilu legislatif DPR.

Ia mencontohkan, Mahkamah Konstitusi tak mau mengakomodasi perbedaan pandangan antara suara yang dihitung KPU dan suara yang dihitung internal PPP. Sebab, MK baru memutuskan pemanggilan MK baru sampai pada tahap administratif, dan belum sampai pada tahap pembuktian.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Bukan berarti setelah ini selesai, MK tidak akan menerima gugatan parpol lagi. Tidak. Hanya saja paket sengketa pemilu harus diselesaikan dalam waktu 10 hari. terbatas sewaktu-waktu,” katanya. .

Rahasia PPP

Meski begitu, Mardiono masih enggan membeberkan langkah apa yang akan diambil PPP ke depan. Ia menegaskan rencana ini masih dirahasiakan.

“Saya tidak mau [kasih tahu langkah yang akan diambil]. Saya ingin bermain sepak bola, saya ceritakan tentang gol dari bek kanan, lalu saya mencetak gol. Maka itu offside. Anda akan lihat nanti. Masih panjang dan mekanisme hukum kita masih terbuka lebar dan tidak tertutup. “Lembaga hukumnya bukan hanya MK saja, ada yang lain,” ujarnya.

Sebelumnya, PPP hampir dipastikan gagal mendapatkan kursi DPR RI di Senayan pada pemilu legislatif 2024. Sebagian besar gugatan PPP terkait pemilu legislatif DPR RI tidak dilanjutkan ke Mahkamah Konstitusi sebagai alat bukti.

Satu-satunya gugatan PPP yang sedang berjalan, yakni kasus di dapil Jawa Tengah III, juga ditolak MK.

Perolehan suara mereka hanya 5.878.777 suara atau 3,87 persen dari suara sah nasional. Partai membutuhkan minimal 4 persen untuk masuk dalam penghitungan kursi di DPR.

(rzr/DAL)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);