Berita Kami Akan Ubah Beirut Jadi Gaza

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mengancam Hizbullah untuk tidak ikut menyerang. Ancaman tersebut muncul setelah tentara Israel mengungkap salah satu warga sipilnya tewas akibat tembakan anti-tank dari Lebanon.

Netanyahu, seperti diberitakan Al Jazeeramenyatakan, pihaknya tidak segan-segan menjadikan Beirut sama seperti Gaza jika terus berupaya memperluas cakupan perang yang dilakukan Israel dengan Hamas.


“Jika Hizbullah memilih memulai perang global, maka mereka akan mengubah Beirut dan Lebanon selatan, yang tidak jauh dari sini, menjadi Gaza dan Khan Younis dengan tangan mereka sendiri,” kata Benjamin Netanyahu, Kamis (12/7).

Netanyahu mengacu pada wilayah Palestina yang menderita kerusakan parah akibat serangan militer mereka. Hal ini disampaikannya di tengah kunjungannya ke wilayah utara Israel.

Tentara Israel kemudian mengungkapkan bahwa mereka telah “menyerang sumber serangan tersebut [dari Lebanon] menggunakan helikopter tempur, tank, dan tembakan artileri.”

[Gambas:Video CNN]

Beberapa waktu lalu, Hizbullah mengaku pernah melakukan serangan di kawasan al-Jardah Israel. Tidak jelas apakah serangan tersebut merupakan serangan yang Israel salahkan sebagai penyebab kematian warga sipil.

Pertempuran antara kelompok Hizbullah Lebanon dan tentara Israel meningkat sejak kegagalan gencatan senjata pekan lalu dan dimulainya kembali permusuhan di Gaza.

Sementara itu, Selasa (12/5), seorang tentara Lebanon ditembak mati Israel di sebuah pos militer dekat perbatasan.

Kematian tersebut menandai kasus pertama sejak meningkatnya konflik di sepanjang perbatasan menyusul pecahnya perang antara Israel dan Hamas.

Tentara Israel menyatakan penyesalannya atas kejadian tersebut. Penyesalan yang jarang diungkapkan ini diungkapkan dalam sebuah postingan di X atau Twitter yang menyatakan bahwa mereka berusaha untuk “menghilangkan” ancaman Hizbullah dan bahwa tentara Lebanon “bukan sasaran serangan”.

Menurut hitungan AFP, lebih dari 110 orang telah tewas di perbatasan Lebanon sejak Oktober, sebagian besar adalah pejuang Hizbullah dan lebih dari selusin warga sipil.

Sementara itu, Israel mengatakan enam tentaranya dan tiga warga sipil Israel tewas di wilayah tersebut.

(Kris)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);