Berita Kalau Memang Tidak Ada Jangan Diadakan

by


Jakarta, Pahami.id

Calon presiden nomor 1 Anies Baswedan meminta semua pihak memantau proses penghitungan suara hitungan sebenarnya KPU di dalam Pemilu 2024 tercatat dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Hal itu disampaikan Anies merespons perolehan suara PSI yang ‘meledak’ hingga 3,13 persen hitungan sebenarnya KPU per hari ini.


“Ini unsur masyarakat yang mengawasi dan mengatur, saya sudah sampaikan jauh-jauh hari sebelum pemilu. Datang ke TPS dan atur. Sekarang saatnya masyarakat semua mengawasi,” kata Anies di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, Minggu ( 3/3).

Anies menilai seluruh suara pada pemilu 2024 harus dilindungi. Ia juga mengatakan penghitungan suara pada Pemilu 2024 tidak boleh dimanipulasi untuk kepentingan partai tertentu.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Kalau ada suara, harus dilindungi. Kalau tidak ada suara jangan dipalsukan. Dan pemilu kita harus pemilu yang bisa kita banggakan, bukan pemilu yang memalukan,” ujarnya.

Di sisi lain, ia berharap Bawaslu memantau ketat proses penghitungan suara pada Pemilu 2024 agar tidak ada cacat. Anies menilai malpraktik pemilu akan merusak kepercayaan masyarakat terhadap pemilu.

Selain itu, Anies juga mengatakan Pemerintah harus bertanggung jawab dalam mengawasi pemilu.

“Pemerintah harus bertanggung jawab, meski ketua umum adalah anak presiden, bukan berarti semua bisa dilakukan pada partai yang dipimpin anak presiden,” ujarnya.

Sebelumnya, perolehan suara PSI pada Pemilu Legislatif 2024 disebut bertambah oleh Ketua Dewan Pertimbangan DPP PPP Muchammad Romahurmuziy. Ia menganggap hal ini sebagai sebuah keanehan.

Pria yang akrab disapa Romy ini membandingkan lonjakan suara PSI dengan penurunan jumlah yang dialami PPP. Ia juga menyebut akun KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di akun Instagram pribadinya.

“Tolong diperhatikan @kpu_ri dan @bawasluri, operasi apa ini? Pinjam bahasa pak @jusufkalla, operasi ‘sayang anak’ lagi?” kata Romy di akun @romahurmuziy, Sabtu (2/3). CNNIndonesia.com telah mendapat izin dari Romy untuk mengutip.

Keberatan tersebut ditanggapi Komisioner KPU Idham Holik. Dia mengatakan, Sirekap tidak dijadikan sebagai penentu hasil pemilu.

Yang jelas UU Pemilu menegaskan bahwa penghitungan suara peserta pemilu yang dikonfirmasi KPU berdasarkan rekapitulasi resmi, kata Idham di KPU RI. Kantor, Jakarta, di hari yang sama dengan protes PPP.

(mab/fra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);