Berita Kaesang Putra Presiden Jokowi Sambangi KPK

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep mengunjungi Komisi Pemberantasan Korupsi (Komisi Pemberantasan Korupsi), Selasa (17/9).

Kader PSI mengatakan kepada Pahami.id, kedatangan Kaesang ke kantor lembaga antirasuah itu untuk mengklarifikasi beberapa hal. PSI belum menjelaskan secara detail penjelasan yang disampaikan Kaesang ke KPK.

“Sahabat media, Mas Ketum Kaesang saat ini sudah berada di kantor KPK. Secara proaktif Mas Ketum memberikan penjelasan beberapa hal. Terima kasih,” ujarnya.


Sebelumnya, putra Jokowi, Kaesang, tersangkut kasus dugaan suap melalui fasilitas jet pribadi.

Kehebohan itu bermula saat istrinya, Erina Gudono mengunggah foto jendela pesawat berbentuk oval di akun Instagram @erinagudono miliknya. Netizen menduga gambar tersebut merupakan jendela pesawat jet pribadi yang berbeda dengan pesawat komersil.


Masalah ini kemudian meningkat menjadi dugaan kepuasan. Beberapa pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura. KPK pun berencana meminta penjelasan Kaesang terkait hal tersebut.

Sejumlah pihak di lingkungan terdekat Kaesang pun turut merespons dan membela Kaesang.

Menkominfo sekaligus Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi menilai pantas jika Kaesang Pangarep naik jet pribadi untuk berangkat ke AS.

Budi beralasan Erina sedang hamil 8 bulan sehingga tidak diperbolehkan naik pesawat umum.

Ia mengatakan jet pribadi yang digunakan Kaesang dipinjam dari temannya. Budi pun mengatakan, Kaesang belum bisa dikatakan puas.

Belakangan, Ketua Relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer atau Noel mengaku mendapat informasi Kaesang akan berangkat ke Amerika Serikat (AS) karena diajak temannya yang merupakan anak pengusaha untuk naik jet pribadi.

Namun, dia tidak menyebutkan siapa di antara teman Kaesang yang memiliki jet pribadi tersebut. Noel kembali menceritakan bahwa Kaesang tidak sengaja diundang oleh temannya. Baginya, Kaesang memanfaatkan kesempatan tersebut dibandingkan menggunakan pesawat mahal.

Jokowi pun memberikan tanggapan singkat atas dugaan suap berupa fasilitas jet pribadi yang dilakukan Kaesang. Ia hanya menegaskan, seluruh warga negara Indonesia mempunyai kedudukan yang sama dalam sistem hukum Indonesia.

Ya, semua warga negara sama di mata hukum, begitulah adanya, kata Jokowi usai menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia vs Australia di GBK, Jakarta, Selasa (10/9).

(kr/DAL)