Berita Kaesang dan Bobby Dilaporkan KPK Terkait Jet Pribadi

by


Jakarta, Pahami.id

Kedua keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) terseret dalam kecurigaan kepuasan penggunaan fasilitas jet pribadi.

Pertama, putra Jokowi, Kaesang Pangarep, dilaporkan Koordinator Asosiasi Pencegahan Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidilah Badrun ke Komisi Pemberantasan Korupsi.


Wakil Ketua Komite Pemberantasan Korupsi Alexander Marwata mengatakan, laporan terhadap Kaesang sedang dikaji oleh Direktorat Penerimaan Pengaduan (PLPM).

Kita tunggu saja, ada dua laporan, sudah diterima PLPM dan sudah ditindaklanjuti dan dipelajari oleh PLPM, kata Alex di Jakarta Selatan, Jumat (6/9).

Kata dia, tidak semua laporan yang sudah dikaji PLPM diteruskan ke Direktorat Penindakan. Oleh karena itu, dia meminta semua pihak menunggu proses peninjauan kembali.

“Tidak semua urusan harus diserahkan ke Direktorat Penindakan, ada yang ke Direktorat Tipikor, ada yang ke Direktorat Pencegahan, tergantung permasalahan apa yang akan terjadi. Jadi kita tunggu saja,” ujarnya.

KPK juga mendapat laporan dari masyarakat bahwa mereka menyeret Wali Kota Medan yang juga menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Tessa Mahardhika Sugiarto mengatakan salah satu pemberitaan tersebut terkait dugaan suap berupa penggunaan fasilitas jet pribadi yang ramai di media sosial selama beberapa hari terakhir.

“Saya tidak bisa buka (laporan) sampai kapan pun, tapi informasi yang kami dapat ada di sana,” kata Tessa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat.

Juru bicara yang merupakan purnawirawan Polri itu mengatakan, laporan terkait jet pribadi tersebut telah dilimpahkan tim Direktorat Gratifikasi ke Direktorat PLPM.

“Iya, per hari ini saya mendapat informasi terkait dugaan penanganan suap yang dilakukan BN [Bobby Nasution] “Ini sudah fokus dan dilakukan di Direktorat PLPM juga,” ujarnya.

Sejauh ini Kaesang belum memberikan tanggapan terkait isu jet pribadi tersebut.

Sementara itu, Bobby membenarkan dirinya menggunakan jet pribadi. Namun Bobby tak menjelaskan apakah jet yang ditumpanginya sesuai dengan foto yang beredar.

“Kita semua sudah naik pesawat,” kata Bobby, Selasa (3/9) sore.

Meski demikian, Bobby meminta masyarakat mengecek asal usul uang yang digunakan terkait jet pribadi yang ditumpanginya.

“Coba kita lihat tanggal berapa? Pesawat milik siapa? Dana siapa yang kita pakai? Kalaupun kita punya, kalaupun sewa, uangnya dari mana? Silakan dicek,” ujarnya.

(yo/fra)