Berita Jusuf Hamka Janji Gratiskan Transportasi dan Sekolah di Jakarta

by


Jakarta, Pahami.id

Politisi Golkar Jusuf Hamka menyatakan akan menggratiskan biaya sekolah dan angkutan umum Jakarta jika terpilih pada Pilkada Serentak 2024.

Hal itu diungkapkan Jusuf saat membeberkan kronologis pencalonannya Partai Golkar mendampingi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilgub Jakarta.

Sebelumnya diketahui, Jenderal Golkar Airlangga Hartarto menawarkan Jusuf Hamka jika Kaesang Pangarep memilih maju di Pilkada Jakarta 2024.


Jusuf mengaku kaget dan mengaku tak punya dana logistik untuk disalurkan ke masyarakat jika benar-benar mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur.

Kendati demikian, Jusuf menyatakan siap bertarung di Pilkada DKI Jakarta sesuai keputusan yang diambil partai.

Tiba-tiba saya ditelepon, lalu saya diberitahu ‘anda ditunjuk kalau Pak Kaesang mau mencalonkan diri, ini wakilnya’. Saya hanya bisa bilang ini bukan salah anda pak. Saya tidak punya logistiknya, saya punya logistiknya untuk tidak disalurkan kepada masyarakat,” kata Jusuf kepada wartawan, Sabtu. (13/7).

Meski mengaku tak punya kemampuan logistik, namun ia mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat jika terpilih nanti.

Kata dia, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan program sekolah, transportasi, dan kesehatan gratis bagi warga DKI Jakarta.

“Kalau masyarakat membutuhkan logistik saya, saya tidak bisa janjikan logistik untuk rakyat. Saya janji pasti kesejahteraan saudara akan lebih baik,” kata Jusuf.

Jusuf menegaskan, berbagai program tersebut masih realistis untuk dilaksanakan karena dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta mencapai Rp 96 triliun.

“Masyarakat Jakarta butuh transportasi gratis, sekolah gratis, kesehatan gratis, karena bagi mereka sekolah sekarang mahal. Jadi semuanya disubsidi karena APBD-nya Rp 96 triliun, makanya sulit. Dananya banyak,” dia dikatakan.

(des/pu)