Berita Jokowi-Xanana Gusmao Bahas Isu Myanmar Hingga Investasi Fiber Optik

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Timor Timur Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1). Keduanya menandatangani nota kesepahaman atau MoU di beberapa bidang.

Usai berbincang sekitar 40 menit, Jokowi mengatakan dirinya dan Xanana membahas beberapa hal penting, salah satunya membahas persoalan Myanmar yang masih dilanda krisis politik sejak kudeta berdarah tahun 2021.


“Kami juga membahas masalah Myanmar,” kata Jokowi.

Jokowi pun menegaskan dirinya dan Xanana mendukung kepemimpinan Laos di ASEAN 2024 dalam mendorong penerapan Five Point Consensus (5PC) terkait Myanmar. Selain itu, Indonesia mendukung penuh Timor Leste untuk menjadi anggota penuh ASEAN.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia dan Timor Leste sepakat untuk mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara. Menurutnya, Indonesia menyambut baik pengaktifan kembali Joint Border Committee (JBC) untuk mengelola perbatasan negara.

Kedua negara juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan investasi. Jokowi kemudian menyampaikan apresiasi atas komitmen dan kepercayaan Timor Leste kepada BUMN Indonesia dalam pembangunan jalan di Oé-Cusse dan perluasan bandara internasional Dili.

“Dan dengan penandatanganan MoU kerja sama teknologi informasi, kami juga mendorong kerja sama infrastruktur telekomunikasi, termasuk rencana investasi serat optik,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Xanana mengapresiasi keramahtamahan dan sambutan yang diberikan Indonesia.

“Kita semua tahu bahwa Indonesia adalah tetangga terdekat dan sahabat kita,” kata Xanana.

Ia juga mengatakan kunjungan ini merupakan kunjungan resmi pertamanya setelah dilantik menjadi Perdana Menteri Timor Leste pada Juli 2023.

“Dan baru kali ini saya bisa melihat Istana Kepresidenan Bogor,” ujarnya.

Xanana pun mendoakan agar pemilu 2024 di Indonesia berjalan lancar. Ia pun memuji kepemimpinan Jokowi dan berharap pemerintah mampu melanjutkan hubungan baik dengan Timor Leste pada periode mendatang.

(jam/rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);