Berita Jokowi Sematkan Pangkat Jenderal Kehormatan ke Prabowo Hari Ini

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo akan memberikan pangkat jenderal bintang empat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hari ini.

Insignia diwujudkan melalui pemberian pangkat kehormatan militer. Hal itu dilakukan pada Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap.

Pak Prabowo akan hadir pada Rapim TNI dan rencananya akan menerima Keputusan Presiden dari Presiden tentang kehormatan kenaikan pangkat khusus jenderal TNI, kata Dahnil dalam video yang dibagikan, Selasa (27/2). . .


Dahnil mengatakan, pemeringkatan tersebut disarankan oleh Mabes TNI. Kemudian Jokowi menyetujui usulan tersebut dengan mengeluarkan keputusan presiden.
Politisi Partai Gerindra menyebut kenaikan pangkat ini juga diberikan kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), AM Hendropriyono, dan beberapa tokoh militer lainnya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Pemberian jabatan jenderal penuh kepada Pak Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusi Pak Prabowo terhadap dunia militer dan pertahanan, kata Dahnil.

Pemberian pangkat jenderal bintang empat kepada Prabowo menuai kritik. Kebijakan tersebut dinilai politis karena Prabowo masih menjadi calon presiden nomor urut 2 pada Pilpres 2024.

Selain itu, Prabowo dinilai tidak memenuhi syarat. Pengamat militer dan peneliti senior Marapi Consulting Beni Sukadis mempertanyakan status pemecatan Prabowo pada tahun 1998.

Pemberian pangkat kehormatan perlu dikaji lebih cermat, apakah tepat atau hanya bagian dari upaya Jokowi untuk mempertahankan pengaruh terhadap Prabowo sebagai presiden terpilih, kata Beni saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (27/2). .

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Nugraha Gumilar menegaskan, Prabowo tidak pernah dipecat dari TNI.

Sesuai perintah presiden nomor 62/ABRI/98 tanggal 22 November 1998, isi keputusannya adalah memberhentikan dengan hormat dan menerima hak pensiun, tidak ada kata-kata tentang pemecatan, kata Nugraha melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia. .com, Selasa (27/2).

(dhf/ugo)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);