Berita Jokowi Resmi Lantik Rosan Roeslani Jadi Menteri Investasi

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi diresmikan Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/BKPM Ketua Kabinet Indonesia Maju baru sisa masa jabatan 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

Rosan akan mengisi posisi Menteri Investasi menggantikan Bahlil Lahadalia yang diubah posisinya menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Rosan dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 92P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.


Presiden Jokowi kemudian mengambil sumpah jabatan Rosan.

“Saya bersumpah setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sekuat tenaga demi kepentingan bangsa dan negara. Bahwa dalam menjalankan tugas jabatan saya akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja “sebaik-baiknya, dengan rasa tanggung jawab,” kata Jokowi saat pengambilan sumpah jabatan yang diikuti Rosan.

Acara peresmian kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah jabatan, dan diakhiri dengan ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo atas terbatasnya jumlah tamu undangan.

Selain Rosan, beberapa pejabat lain juga dilantik dalam Reshuffle Kabinet ini, yakni politikus Gerindra Supratman Andi Atgas yang mengisi posisi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Supratman akan menggantikan Yasonna H. Laoly yang menjabat sebelumnya.

Jokowi juga menunjuk Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menggantikan Arifin Tasrif.

Kabinet Indonesia Maju akan berakhir pada 20 Oktober 2024 ketika suksesi kepemimpinan berpindah ke tangan Prabowo Subianto.

(rzr/vws)