Berita Jokowi Panggil Nadiem ke Istana Terkait Polemik UKT Mahal

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo disebut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim ke Istana setelah kontroversi biaya kuliah tunggal (UKT) yang mahal.

Nadiem tiba di kompleks Istana sekitar pukul 13.21 WIB. Ia langsung bergegas masuk ke istana menghadap Jokowi.

“Bahas beberapa persoalan pendidikan, Pak Yang di-Pertua mau lapor. Iya (terkait UKT) dan ada beberapa persoalan,” kata Nadiem di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/5).


Kontroversi UKT mahal sudah berlangsung beberapa pekan terakhir. Mahasiswa mengambil tindakan terhadap kenaikan biaya sekolah yang drastis dan tiba-tiba.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Nadiem juga diundang DPR dalam rapat kerja (raker) pada Selasa (21/5). Ia ditanyai soal kenaikan UKT yang membuat akses pendidikan sulit.

“Untuk itu, kami meminta pemerintah menjelaskan ke mana anggaran Rp 665 triliun itu disalurkan? Agar masyarakat mengetahui dan memahami apa fungsi pendidikan dan apa yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menekan biaya tinggi. pendidikan,” kata Ketua Rapat Komisi X Dede Yusuf dalam rapat Komisi X DPR RI, Selasa. (21/5) lalu.

Nadiem berdalih peningkatan UKT hanya terjadi pada kelompok kalangan atas. Menurutnya, jumlah siswa dalam kelompok tersebut sedikit.

Dan kami melihat kebijakan UKT ini tidak akan mempengaruhi klasifikasi UKT di tingkat bawah, kata Nadiem dalam rapat dengan DPR.

(dhf/tidak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);