Berita Jokowi Kirim Sapi Kurban Bernama ‘Tebo’ ke Masjid Agung Surakarta

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan seekor sapi Simmental ke Masjid Agung Istana Surakarta pada Hari Raya Idul Adha 1445 H. Sapi bernama “Tebo” ini tiba di Masjid Agung Surakarta pada Minggu (16/6) sekitar pukul 19.50 WIB.

Sapi berukuran jumbo tersebut merupakan hasil budidaya Mulya Farm46, Salatiga, Jawa Tengah. Perwakilan peternakan, Muhammad Rosihan Alif mengatakan, sapi kurban Jokowi berumur tiga tahun dengan berat 1 ton 80 kg.


Namanya Tebo, gede banget (gede banget). Beratnya 1 ton 80 kg, kata Alif, Minggu (16/6).

Ia mengaku, peternakannya sangat bangga bisa menyuplai sapi kurban Presiden Jokowi. Mereka sudah lama memimpikan Tebo bisa menjadi sapi kurban nomor satu di Indonesia. Kata Alif, utusan Jokowi baru memesan Tebo sekitar dua pekan lalu.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Entahlah, tiba-tiba dibeli. Tapi Pak Presiden merasa sapi ini sudah lama dijual,” ujarnya.

Menurut dia, Tebo hanya diberi pakan jerami dan limbah pertanian. Alif mengatakan, peternakannya sama sekali tidak menggunakan pakan konsentrat dari pabrik.

“Kami berinovasi menggunakan probiotik. Pemanfaatannya untuk memaksimalkan peternakan,” kata Alif.

Strategi pemanfaatan limbah pertanian adalah untuk mengatasi biaya konsentrat yang mahal. Menurut Alif, cara tersebut berhasil menekan biaya makan dari Rp 50 ribu sehari, dari Rp 100 ribu sehari menjadi Rp 15 ribu sehari.

“Sekarang sebagian besar peternak menganggap beternak sapi jumbo itu mahal. Tapi ini hanya jerami dan limbah pertanian, sehari hanya 15 ribu sudah dapat yang jumbo,” kata Alif.

Sekretaris Masjid Agung Istana Surakarta, Abdul Basid mengatakan, Jokowi tidak pernah melewatkan pengiriman sapi kurban sejak menjadi Presiden. Ia berharap tradisi ini bisa terus berlanjut setelah Jokowi lengser dari jabatannya.

Mudah-mudahan ini bukan yang terakhir, tapi akan terus berlanjut hingga mantan presiden terus berkurban di Masjid Agung Surakarta, kata Basid.

Masjid Agung Surakarta akan menyembelih tujuh ekor sapi kurban pada Idul Adha 1445 H. Selain sapi milik Jokowi, Masjid Agung Keraton Surakarta juga menerima sapi kurban dari putri Presiden kedua RI Soeharto, Siti. Hediati Hariyadi atau kerabatnya. dikenal dengan nama Titiek Soeharto.

“Ada dari [mantan] Istri Presiden Prabowo, sapinya berasal dari peternakan Tapos. Beratnya hampir 900 kg,” kata Basid.

(syd/dmi)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);