Berita Jokowi Jawab Isu Digadang-gadang Jadi Sekjen PBB

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan seorang jurnalis terkait pemberitaan dirinya yang digadang-gadang menjadi Sekretaris Jenderal PBB (PBB).

Kembali ke Solo, jadilah warga negara biasa, itu saja, kata Jokowi menjawab pertanyaan salah satu jurnalis terkait isu menjadi Sekjen PBB usai mengunjungi pasar tradisional di Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (2/2/2021). 2). 1).


Ia mengaku ingin menjadi manusia biasa setelah resmi meninggalkan masa kepemimpinannya sebagai orang pertama di Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

Ya, jadilah orang normal, kembalilah ke Solo dan jadilah orang normal, kata Jokowi usai mengunjungi pasar tradisional di Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (2/1).

Isu Jokowi berpeluang menjadi Sekjen PBB mulai tersiar pada awal tahun 2023. Saat itu, beredar video di Facebook yang mengklaim Presiden Jokowi ditunjuk langsung oleh Sekjen PBB Antonio Guterres sebagai penggantinya setelah lengser. pada bulan Desember 2026.

Namun pada 5 Februari 2023, Kominfo melabeli informasi tersebut sebagai informasi palsu alias informasi palsu.

Di sisi lain, Ketua DPP PDIP Said Abdullah juga menilai Jokowi layak menjadi Sekjen PBB setelah menyelesaikan tugasnya pada tahun 2024. Ia mengatakan jasa dan warisan Jokowi sangat luar biasa sehingga pantas menjabat sebagai Sekjen PBB.

Pernyataan tersebut disampaikan Said di Kompleks Parlemen pada 14 November 2022. Ia mengatakan, Jokowi telah membangun jaringan internasional yang luas dalam 10 tahun terakhir. Menurutnya, jaringan ini sangat diperlukan bagi Indonesia dan dunia dalam menghadapi perubahan iklim.

Selain itu, kata Said, Jokowi juga telah menunjukkan kapasitas kepemimpinan negara dalam mendorong isu lingkungan hidup selama ini.

(khr/bac)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);