Berita Jokowi Berterima Kasih ke Prabowo Subianto di HUT ke-79 TNI

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri upacara HUT ke-79 pengurus tersebut di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10).

Ia menilai Prabowo selaku Menteri Pertahanan terus melakukan modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) TNI.


Prabowo, kata Jokowi, juga akan terus mendorong industri pertahanan dalam negeri dan memperkuat diplomasi global.

Secara khusus saya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertahanan Purnawirawan Jenderal Prabowo Subianto yang juga merupakan presiden terpilih, kata Jokowi.


“Dengan memodernisasi alutsista, memajukan industri pertahanan dalam negeri, memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global, dan masih banyak lagi.”

Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada TNI yang sangat merasakan peran TNI dalam menjaga kedaulatan negara dan stabilitas politik sepanjang satu dekade pemerintahannya.

Terima kasih atas kesetiaan dan dedikasi seluruh prajurit TNI kepada masyarakat, bangsa, dan negara, kata Jokowi dalam pidatonya.

“Selama 10 tahun memimpin pemerintahan, saya sangat merasakan peran dan kontribusi nyata TNI dalam menjaga kedaulatan negara, menjaga persatuan dan stabilitas politik,” ujarnya.

Menurut Jokowi, tantangan TNI ke depan tidak akan mudah di tengah kemajuan teknologi. Menurutnya, TNI perlu terus berbenah dan beradaptasi dengan kemajuan dunia.

Menurut Jokowi, TNI tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, ia mendorong kerja sama dengan berbagai pihak dan lembaga penegak hukum lainnya serta perguruan tinggi.

“Kerja sama, kerja sama dengan berbagai pihak sangat penting. Baik dengan lembaga penegak hukum untuk menjaga stabilitas, dengan perguruan tinggi terkait iptek serta pelaku industri untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri,” ujarnya.

Dalam upacara tersebut, Joko Widodo hadir bersama Iriana dan didampingi cucunya, Jan Ethes Srinarendra. Jokowi memboyong Jan Ethes yang mengenakan jas hitam dan ransel biru berlambang Superman.

Setibanya di lokasi, Jokowi langsung menjadi Inspektur Upacara yang bertindak sebagai Komandan Upacara, Danjen Kopassus TNI Brigjen Djon Afriandi.

Ribuan orang menghadiri peringatan HUT TNI ke-79 di kawasan Monas, Jakarta. Mereka mulai memadati kawasan Monas sejak pukul 06.00 WIB.

Kepala Staf TNI Mayjen Hariyanto menjelaskan, ada sekitar 100.000 personel TNI yang terlibat dalam perayaan HUT TNI. Jumlah tersebut belum termasuk 1.059 prajurit yang berdemonstrasi.

(thr/chri)