Berita Jokowi Beri Sinyal Reshuffle Lagi: Kalau Mengharuskan, Kenapa TIdak?

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandakan bahwa perombakan akan dilakukan atau pemeriksaan kabinet setelah menunjuk Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri.

kata Jokowi pemeriksaan lemari dijalankan berdasarkan kebutuhan. Dia tidak menutup kemungkinan hal itu akan dilakukan pada sisa delapan bulan masa pemerintahan.

“Ya, kalau memang ada kebutuhanmu, kenapa tidak?” kata Jokowi dalam jumpa pers bersama AHY di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2).


Jokowi tidak membeberkan kapan pemeriksaan kabinet akan berhasil. Dia juga tidak menyebutkan posisi mana yang akan di-reshuffle.

Isu reshuffle kabinet kian menguat seiring bergulirnya Pilpres 2024. Ada kabar beberapa menteri PDIP akan mundur karena berbeda pendapat dengan Jokowi.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Meski begitu, satu-satunya menteri yang mengundurkan diri adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tetap berada di kabinet meski menghadapi isu sengit mengenai pengunduran diri.

Posisi yang ditinggalkan Mahfud sempat kosong dan diisi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Jokowi baru menunjuk pengganti Mahfud hari ini. Jokowi menunjuk Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan yang baru.

Kursi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) diisi oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). AHY merupakan Pemimpin Umum Partai Demokrat lulusan Akademi Militer dan Universitas Harvard.

(dhf/fra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);