Berita Jokowi Bawa Isu Lingkungan hingga UMKM saat Pimpin KTT ASEAN

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pembahasan agenda keempat pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Jepang di Tokyo.

Jokowi berbicara di hadapan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan para pemimpin negara-negara Asia Tenggara. Dia mengetuk palu sebagai tanda dimulainya persidangan.

Saya sudah memulai pertemuan untuk membahas agenda keempat mitra untuk bersama-sama menciptakan perekonomian dan masyarakat masa depan, kata Jokowi dalam acara yang digelar di The Okura Hotel, Tokyo, Minggu (17/12).


Jokowi segera memulai dengan usulan prioritas kerja sama antara Jepang dan ASEAN. Ia menilai ada dua arah utama kerja sama ini, yakni kerja sama lingkungan hidup dan pengembangan UKM.

Ia mengatakan, ada dua hal mengenai lingkungan hidup yang menjadi prioritas. Pertamamasalah keamanan pangan.

“Di bidang pangan, kita harus memperkuat kerja sama untuk meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan melalui pengembangan teknologi, ketersediaan pupuk, dan harmonisasi standar komoditas pertanian,” ujarnya.

Lalu ada pembahasan tentang energi. Ia mendorong Jepang untuk membantu negara-negara Asia Tenggara dalam transformasi menuju nol emisi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengangkat isu pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM). Menurutnya, perlu ada kerja sama untuk mendorong percepatan digitalisasi UKM.

“ASEAN-Japan Center dapat membantu memfasilitasi transformasi tersebut dan Indonesia sendiri telah menetapkan target untuk melakukan digitalisasi UKM pada tahun 2024 sebanyak 30 juta UKM,” kata Jokowi.

Setelah berbicara selama dua menit, Jokowi meminta Kishida menanggapi usulan tersebut.

Sebelumnya, Jokowi menggelar kunjungan kenegaraan ke Jepang. Ia menghadiri KTT Peringatan 50 Tahun ASEAN-Jepang.

Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan menggelar pertemuan bilateral dengan PM Jepang Fumio Kishida. Ia juga dijadwalkan menghadiri KTT AZEC (Asian Zero Emission Community).

(dhf/sfr)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);