Berita Jokowi Bahas Iklim hingga Situasi Gaza dengan Sekjen PBB di Dubai

by

Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo menyatakan komitmen Indonesia untuk terus mendukung PBB (PBB) dalam menjalankan fungsi dan perannya.

Menurut Jokowi, tantangan global kini semakin berat dan persaingan geopolitik memunculkan kekuatan baru. Selain itu, multilateralisme dan rasa saling percaya juga terkikis.

“Inilah peran penting PBB untuk mengatasinya dan Indonesia akan terus mendukung fungsi dan peran PBB agar tetap relevan,” kata Jokowi dalam pidatonya saat pertemuan bilateral dengan Sekjen PBB Antonio Guterres di Bilateral. . Room, Expo City Dubai, Uni Emirat Arab (PEA), Sabtu (2/12).


Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Antonio Guterres juga membahas aksi iklim. Jokowi menjelaskan beberapa langkah kuat dan konkrit yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia mengapresiasi inisiatif JETP. Namun, Jokowi meyakini komposisi hibah harus lebih konstruktif dan aksi iklim global tidak dapat berjalan tanpa kerja sama semua pihak.

Oleh karena itu, Indonesia mendukung agenda percepatan pendanaan iklim yang digagas oleh Yang Mulia, yaitu negara maju harus membantu negara berkembang, kata Jokowi.

“Dukungan Yang Mulia penting agar COP28 menyepakati operasi pembiayaan kerugian dan kerusakan serta kerja sama pembiayaan energi baru dan terbarukan bagi negara-negara berkembang,” lanjutnya.

Sementara terkait situasi di Gaza, Presiden Jokowi kembali menegaskan Indonesia mengutuk keras kekejaman Israel, termasuk penyerangan terhadap fasilitas umum. Indonesia juga mendukung penyelidikan melalui mekanisme internasional terkait pelanggaran Israel di Gaza.

Indonesia juga menyambut baik gencatan senjata yang ada saat ini. Namun menurutnya kekerasan harus dihentikan selamanya demi kepentingan warga sipil sesuai Resolusi DK PBB 2712.

“Bantuan kemanusiaan harus segera masuk ke Gaza dengan aman dan tanpa hambatan. Bersama beberapa Menlu OKI, Menlu RI juga melakukan diplomasi intensif untuk Gaza,” kata Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan ini adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, dan Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury.

(tim/bukan)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);