Berita Jokowi Akhirnya Buka Suara soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab singkat pertanyaan yang dituduhkan kepuasan berupa fasilitas jet pribadi oleh putra bungsu dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

Jokowi hanya menegaskan, seluruh warga negara Indonesia mempunyai kedudukan yang sama dalam tatanan hukum Indonesia.

Ya, semua warga negara sama di mata hukum, begitulah adanya, kata Jokowi usai menyaksikan pertandingan Indonesia vs Australia di GBK, Jakarta, Selasa (10/9).


Usai menjawab pertanyaan terkait Kaesang, Jokowi meninggalkan area tanya jawab bersama awak media.

Publik dihebohkan dengan dugaan penggunaan jet pribadi yang dilakukan Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono.

Kehebohan itu bermula saat Erina mengunggah foto jendela pesawat berbentuk oval di akun Instagram @erinagudono miliknya. Netizen kemudian menduga gambar tersebut adalah jendela pesawat jet pribadi, berbeda dengan pesawat komersil.

Masalah ini kemudian meningkat menjadi dugaan kepuasan. Beberapa pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura. KPK berencana meminta penjelasan Kaesang terkait hal tersebut.

Koordinator Masyarakat Pemberantasan Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun pada Rabu (28/8) melaporkan Kaesang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan korupsi berupa penerimaan imbalan dalam perkara tersebut. berupa fasilitas jet pribadi.

Secara terpisah, Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan lembaga antirasuah berwenang mengusut dugaan suap Kaesang. Nawawi menegaskan, sosok Kaesang tidak bisa dilihat secara individu saja.

Ia pun menolak anggapan Kaesang bukan pejabat publik sehingga tidak pantas meminta penjelasan terkait dugaan suap tersebut karena bisa jadi ada pengaruh dagang yang merupakan salah satu bentuk korupsi.

(khr/sfr)