Berita Jet Tempur F-16 AS Tiba di Timur Tengah, Bantu Israel Serang Iran?

by


Jakarta, Pahami.id

F-16 dari Skuadron Tempur 480 yang berbasis di Jerman tiba di wilayah tanggung jawab Komando Pusat AS, menurut informasi yang dikeluarkan oleh Komando Pusat Amerika Serikat atau CENTCOM.

Berdasarkan pernyataan CENTCOM, Amerika Serikat (AS) pada Jumat (25/10) mengerahkan satu skuadron jet tempur F-16 ke Timur Tengah di tengah meningkatnya ekspektasi akan serangan Israel terhadap Iran.

“Sebuah F-16 Angkatan Udara AS dari Skuadron Tempur 480 yang bermarkas di Pangkalan Udara Spangdahlem, Jerman tiba di wilayah tanggung jawab Komando Pusat AS,” kata CENTCOM dalam pernyataannya, seperti dilansir Anatolia.


CENTCOM tidak merinci peran operasional F-16 yang dimaksudkan namun menekankan misi mereka untuk memperkuat kehadiran AS di wilayah tersebut.

Pengerahan militer terjadi di tengah meningkatnya ketegangan regional karena Israel diperkirakan akan membalas Iran setelah serangan rudal balistik skala besar terhadap Israel pada 1 Oktober 2024.

Iran mengatakan pihaknya melakukan serangan itu sebagai balas dendam atas pembunuhan mantan pemimpin politik Hamas di Teheran Juli lalu dan pembunuhan Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah di Beirut bulan lalu.

Hampir 200 rudal ditembakkan dalam salvo tersebut, yang menghantam beberapa lokasi di Israel, termasuk fasilitas militer, namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Pertempuran antara Tel Aviv dan Teheran meningkat tahun ini setelah Israel mengebom Kedutaan Besar Iran di Suriah pada 1 April 2024, menewaskan seorang perwira senior militer. Iran menanggapi serangan itu dua minggu kemudian dengan meluncurkan ratusan drone dan rudal balistik ke Israel.

Pengerahan militer tersebut terjadi di tengah meningkatnya ketegangan regional karena Israel diperkirakan akan menyerang Iran setelah Teheran melancarkan serangan rudal balistik skala besar ke Israel pada 1 Oktober.

(Wow)