Berita Jet Militer Rusia Su-34 Jatuh saat Latihan, 2 Pilot Tewas

by


Jakarta, Pahami.id

Sebuah jet militer Rusia jatuh saat pelatihan di wilayah Kaukasus Ossetia Utara pada Selasa (11/6) menewaskan dua pilot.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan jet Sukhoi-34 jatuh “di zona pegunungan”. Namun Kementerian Pertahanan Rusia tidak menjelaskan secara detail kapan kecelakaan itu terjadi.


Sejauh ini, dikutip AFPKementerian Pertahanan Rusia menjelaskan bahwa masalah teknis tampaknya menjadi penyebab kecelakaan tersebut, dan penyelidikan telah diluncurkan untuk mengetahui alasan di balik kecelakaan tersebut.

Peristiwa ini terjadi seiring invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari 2022 masih terus berlangsung, bahkan belakangan memanas.

Intelijen Ukraina mengklaim telah berhasil menembak jatuh jet tempur tercanggih Rusia akhir pekan lalu.

Intelijen Pertahanan Ukraina (HUR) pada Sabtu (8/6) menyatakan pihaknya menyerang jet tempur Sukhoi Su-57 di pangkalan udara Akhtubinsk di Astrakhan, Rusia.

Mereka mengklaim serangan itu terekam dalam citra satelit, yang mereka unggah.

Dalam foto tersebut, terdapat “pecahan bahan peledak dan titik api yang khas”.

“Su-57 merupakan pesawat tempur paling modern milik Moskow yang dapat digunakan untuk menyerang menggunakan rudal hipersonik Kh-59 dan Kh-69,” kata HUR, seperti dikutip. Agensi Anadolu.

Ossetia Utara adalah wilayah yang berbatasan dengan negara bagian Georgia, bekas Uni Soviet. Wilayah ini terletak sekitar 800 kilometer (500 mil) dari Ukraina.

Pada tanggal 8 Juni, otoritas regional mengatakan Ukraina menargetkan bandara militer dekat kota Mozdok dengan drone, namun tiga di antaranya ditembak jatuh. Itu merupakan serangan pertama di Ossetia Utara sejak operasi militer khusus yang dilancarkan Rusia terhadap Ukraina pada Februari 2022.

(rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);