Berita Italia Ikut Setop Dana Bantuan untuk Pengungsi Palestina

by


Jakarta, Pahami.id

Italia mengumumkan penghentian pendanaan bantuan untuk Badan Pengungsi PBB Palestina (Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat/UNRWA). Sebelumnya Kanada, Amerika Serikat (AS), dan Australia juga pernah menyampaikan hal serupa.

Keputusan ini menyusul tuduhan Israel bahwa staf UNRWA terlibat dalam serangan pasukan Hamas Israel pada tanggal 7 Oktober 2023.


Dipilih dari AFPSabtu (27/1) Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani menyatakan Italia dan negara aliansi lainnya berkomitmen memberikan bantuan kemanusiaan ke Palestina sekaligus menjaga keamanan Israel.

“Pemerintah Italia telah menangguhkan bantuan keuangan kepada UNRWA menyusul serangan kekerasan yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober,” kata Tajani.

Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan mereka akan berusaha membuat UNRWA berhenti beroperasi di Jalur Gaza setelah perang.

Sementara itu, UNRWA pada Jumat (26/1), memecat beberapa pekerja yang dituduh Israel terlibat dalam serangan Hamas.

Dilaporkan CNNBlok pembebasan Palestina (Organisasi Pembebasan Palestina/PLO) meminta negara-negara yang menghentikan bantuan keuangan untuk segera membatalkan keputusan mereka.

Sekretaris Jenderal PLO Hussein Al-Sheikh menyatakan UNRWA membutuhkan dukungan dan bantuan.

“Kami meminta negara-negara yang mengumumkan akan berhenti memberikan dukungan kepada UNRWA untuk segera mengubah keputusan mereka,” kata Al-Sheikh.

PLO adalah organisasi yang diakui secara global yang mewakili rakyat Palestina.

Sejak invasi Israel pada 7 Oktober 2023, sekitar 26.257 warga Palestina tewas dan 64.797 luka-luka. Sedangkan di Israel, korban tewas sekitar 1.139 orang.

(tim/tsa)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);