Berita Israel Umumkan Rencana Setop Serangan Tiap Siang di Gaza Selatan

by


Jakarta, Pahami.id

tentara Israel mengumumkan akan menerapkan “jeda taktis aktivitas militer” setiap hari di semenanjung tersebut Gaza bagian selatan untuk memfasilitasi pengiriman bantuan kemanusiaan.

Dipilih dari AFPMinggu (16/6), aktivitas militer terhenti mulai pukul 08.00 hingga 19.00 setiap hari di sepanjang jalan yang mengarah dari simpang Kerem Shalom hingga Jalan Salah al-Din ke arah utara.


Israel menyatakan, keputusan ini diambil setelah berdiskusi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan jumlah bantuan kemanusiaan yang masuk ke Jalur Gaza.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 8.000 anak di bawah usia lima tahun dirawat karena kekurangan gizi akut di Gaza.

Beberapa kelompok kemanusiaan juga telah memperingatkan selama berbulan-bulan tentang kekurangan makanan dan kebutuhan dasar di wilayah Palestina yang terkepung.

Mediator internasional telah menekan Israel dan Hamas untuk menyetujui perjanjian gencatan senjata yang ditetapkan oleh Presiden AS Joe Biden untuk pertukaran sandera-tahanan dan meningkatkan pengiriman bantuan. Namun, belum ada kemajuan berarti akhir-akhir ini.

Wakil Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP) Carl Skau baru-baru ini mengatakan bahwa dengan pelanggaran hukum di Jalur Gaza dan konflik yang aktif, hampir tidak mungkin untuk memberikan bantuan dalam jumlah yang dapat memenuhi permintaan di lapangan yang terus meningkat.

Invasi militer Israel ke wilayah Palestina sudah memasuki bulan kedelapan. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan Palestina, sebanyak 37.202 warga meninggal dunia sejak Oktober 2023. Selain itu, lebih dari 84.932 orang mengalami luka-luka.

(tim/tsa)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);