Berita Israel Temukan Terowongan Terbesar Hamas Sepanjang 4 Kilometer

by


Jakarta, Pahami.id

tentara Israel mengklaim telah menemukan terowongan beton dan baja besar yang dikatakan dapat digunakan oleh kendaraan untuk mengangkut pejuang militan dari Gaza ke perbatasan.

Terowongan ini konon membentang secara diagonal pada kedalaman 50 meter, lebar dan tinggi mencapai 3 meter, serta dilengkapi peralatan listrik.


Lokasinya sekitar 100 meter di selatan pos pemeriksaan perbatasan Erez, antara Gaza dan Israel. Posisinya tersembunyi di bukit pasir.

Juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, memperkirakan panjang terowongan itu sepanjang 4 kilometer, cukup untuk mencapai bagian utara Kota Gaza, yang dulunya merupakan pusat kekuasaan Hamas dan kini dihancurkan oleh zona perang.

“Jutaan dolar diinvestasikan dalam terowongan ini. Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun terowongan ini… kendaraan bisa melewatinya,” kata Hagari.

Hagari mengatakan terowongan ini merupakan terowongan terbesar yang pernah ditemukan. Dia juga mengatakan tujuannya adalah untuk menargetkan penyeberangan Erez tetapi tidak memastikan apakah terowongan ini digunakan dalam serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober.

Serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober menewaskan sedikitnya 1.200 orang. Serangan balik Israel sejauh ini telah menewaskan hampir 18.000 warga.

Salah satu target utama serangan balik Israel di Gaza adalah menemukan dan menonaktifkan terowongan dan bunker bawah tanah.

Sebelumnya, tentara Israel sempat memperlihatkan terowongan yang mereka temukan kepada media. Namun, ukuran dan bentuknya sempit, dirancang untuk dilewati oleh satu barisan pasukan bersenjata saja.

Terowongan tersebut menjadi tantangan bagi Israel karena dikhawatirkan digunakan untuk menyembunyikan sandera yang ditahan oleh Hamas. Hal ini telah memperlambat serangan Israel yang telah menewaskan banyak warga sipil Palestina dan mengkhawatirkan banyak negara di dunia.

(biaya)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);