Berita Israel Klaim Temukan 800 Lubang Terowongan Hamas di Gaza

by

Jakarta, Pahami.id

Angkatan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim telah menemukan 800 lubang yang mengarah ke jaringan terowongan bawah tanah dan bunker Hamassejak operasi darat Gaza mulai tanggal 27 Oktober.

Israel mengatakan sekitar 500 di antaranya telah dihancurkan, baik dengan meledakkan bahan peledak besar di dalamnya atau dengan menutupnya.

Menurut IDF, banyak terowongan yang terhubung dengan “aset strategis” Hamas. Mereka juga mengatakan telah menghancurkan ratusan kilometer terowongan yang terhubung dengan Hamas.


Lubang-lubang tersebut terletak di tempat umum dan sebagian besar terletak di dekat atau di dalam lembaga pendidikan, taman kanak-kanak, masjid, dan taman bermain, kata IDF seperti dikutip Reuters.

Di beberapa terowongan, Israel juga mengklaim menemukan sejumlah senjata milik kelompok Hamas.

“Penemuan ini adalah bukti lebih lanjut bahwa Hamas menggunakan warga sipil sebagai perisai manusia, dan sebagai kedok untuk kegiatan terorisnya,” tambah IDF>

Selama invasi Israel ke Palestina selama hampir dua bulan, Negara Zionis juga menuduh kelompok Hamas menggunakan beberapa rumah sakit di Gaza sebagai pusat komando. Tuduhan itu salah satunya ditujukan ke RS Al Shifa.

Menanggapi tudingan tersebut, Kementerian Kesehatan Jalur Gaza membantah keras klaim Israel terkait adanya terowongan Hamas di bawah kompleks Al Shifa.

Direktur Kementerian Kesehatan Gaza, Mounir El Boursh, menegaskan tuduhan itu adalah “kebohongan murni”.

“Mereka (Israel) telah menggerebek dan menggeledah rumah sakit selama delapan hari dan mereka tidak menemukan apa pun,” kata El Boursh kepada Al Jazeera, Senin (20/11).

Sementara itu, Hamas juga dengan tegas menolak tuntutan Israel.

“Pernyataan militer Israel mengenai penggunaan Rumah Sakit Al Shifa untuk menahan tahanan Zionis menyesatkan dan salah. Pernyataan Israel dimaksudkan untuk menutupi kegagalan keamanan dan militernya (di Gaza),” kata kelompok itu seperti dikutip Al Jazeera.

(Dna)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);