Berita Israel-Hamas Disebut Sepakat Perpanjang Gencatan Senjata 1 Hari Lagi

by
Jakarta, Pahami.id

Israel Dan Hamas Palestina dikabarkan setuju untuk memperpanjang gencatan senjata di Jalur Gaza selama satu hari hingga hari kedelapan besok, Sabtu (2/12).

Kabar ini disampaikan oleh pejabat Mesir yang terlibat dalam mediasi perundingan gencatan senjata Jurnal Wall Street pada Jumat (1/12).


Belum ada pengumuman resmi terkait perpanjangan gencatan senjata dari kedua pihak yang terlibat. Mediator seperti Mesir dan Qatar, serta Amerika Serikat, belum memberikan komentar mengenai kemungkinan perpanjangan gencatan senjata untuk ketiga kalinya.

Menurut laporan WSJ seperti yang dikutip ReutersIstirahat tambahan satu hari dalam pertempuran ini akan digunakan untuk membebaskan 10 sandera Hamas tambahan seperti yang disepakati pada awal kesepakatan.

Sumber yang dekat dengan kelompok Hamas sebelumnya juga menceritakan AFP bahwa mereka “bersedia memperpanjang gencatan senjata”.

“Para mediator melakukan dorongan yang kuat, intens dan berkelanjutan untuk satu hari lagi dalam gencatan senjata dan kemudian mencoba untuk memperpanjangnya untuk beberapa hari lagi,” kata sumber tersebut, yang menolak disebutkan namanya.

Israel dan Hamas sepakat untuk menerapkan gencatan senjata selama empat hari di Gaza mulai Jumat (24/11). Pada Selasa (28/11), keduanya sepakat memperpanjang gencatan senjata selama dua hari.

Israel dan Hamas akhirnya sepakat untuk memperpanjang gencatan senjata satu hari hingga hari ini. Perpanjangan gencatan senjata disepakati dua menit sebelum gencatan senjata berakhir.

Dalam perjanjian awal, Israel dan Hamas sepakat gencatan senjata bisa diperpanjang satu hari untuk setiap 10 sandera yang dibebaskan.

Meskipun gencatan senjata terus diperpanjang, Israel masih mengancam akan kembali melancarkan serangan besar-besaran ke Gaza setelah jeda pertempuran benar-benar berakhir.

(rds)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);