Berita Israel Dilaporkan Memboikot Perundingan Gencatan Senjata di Kairo

by


Jakarta, Pahami.id

Perwakilan Israel dilaporkan memboikot pembicaraan gencatan senjata dengan Hamas yang berlangsung di Kairo, Mesir, Minggu (3/3).

Mengutip dari Reuters, delegasi Hamas telah tiba di Kairo untuk melakukan pembicaraan gencatan senjata yang mungkin berlangsung selama enam minggu. Namun hingga dini hari belum ada tanda-tanda kedatangan delegasi Israel.

media massa Israel, Ynetmengutip sumber-sumber di pemerintahan Negara Yahudi yang mengatakan, “Tidak akan ada delegasi Israel di Kairo.”


Dia mengatakan delegasi Israel tidak akan datang setelah Hamas menolak memenuhi permintaan untuk memberikan daftar lengkap nama sandera yang masih hidup.

Perundingan gencatan senjata dimediasi oleh tiga negara yakni Mesir, Qatar, dan Amerika Serikat (AS). Para mediator berharap gencatan senjata dapat disepakati dan dimulai setidaknya pada bulan Maret ini, ketika umat Islam mulai memasuki bulan suci Ramadhan.

Mengutip dari media Mesir, AhramKelompok Hamas mengatakan jika Israel memenuhi tuntutannya – termasuk menarik pasukan dari Gaza dan mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk – perjanjian gencatan senjata akan dilaksanakan dalam 24-48 jam ke depan.

Sementara itu, pada Sabtu (2/3) serangan udara Israel di wilayah Gaza termasuk Rafah terus berlanjut dan memakan korban jiwa.

Kebanyakan korban luka dan tewas adalah anak-anak.

Di samping itu, Al Jazeera melaporkan serangan terhadap pemukiman Palestina di Barqa, Tepi Barat pada Sabtu malam.

Kepala desa tak jauh dari Ramallah, Sayi Kanaan, mengatakan setidaknya 150 pemukim Yahudi telah menyerang wilayah mereka.

Para penyerang, kata dia, melemparkan batu ke rumah dan kendaraan warga.

Selama kurang lebih 150 hari, tentara Israel telah menyerang wilayah Palestina dan menewaskan lebih dari 30 ribu orang, baik di Gaza maupun Tepi Barat. sejak 7 Oktober tahun lalu.

(Reuters/anak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);