Berita Isi Resolusi DK PBB yang Desak Houthi Setop Serangan di Laut Merah

by


Jakarta, Pahami.id

Dewan Keamanan PBB (DK PBB) mengeluarkan resolusi yang menyerukan pembentukan milisi Houthi di Yaman untuk menghentikan serangan di Laut Merah.

Resolusi yang diusulkan Amerika Serikat ini disahkan setelah milisi Houthi melancarkan serangan drone dan rudal terhadap kapal-kapal di jalur perdagangan komersial Laut Merah selama beberapa minggu terakhir.

Kelompok Houthi melancarkan serangan tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap warga Palestina di Gaza yang berada di bawah invasi dan pembantaian Israel selama 3 bulan terakhir.


Hasil pemungutan suara di DK PBB menghasilkan 11 suara mendukung, 0 menentang, dan empat abstain termasuk Rusia dan Tiongkok.

Apa isi resolusi DK PBB tentang Houthi?

Resolusi tersebut mengutuk keras serangan Houthi terhadap kapal dagang dan kapal komersial sejak 19 November, dan menuntut milisi segera menghentikan semua serangan tersebut.

Resolusi tersebut juga mensyaratkan penghormatan terhadap pelaksanaan hak dan kebebasan navigasi kapal dagang dan kapal komersial, sesuai dengan hukum internasional.

DK PBB juga mendesak untuk “memperhitungkan hak Negara-negara Anggota” sesuai dengan hukum internasional, untuk melindungi kapal mereka dari serangan, termasuk serangan yang melanggar hak dan kebebasan navigasi.

Resolusi tersebut menekankan perlunya “mengatasi akar penyebab” serangan yang berkontribusi terhadap ketegangan regional untuk memastikan “respon yang cepat, efisien dan efektif”.

Resolusi DK PBB mengutuk pemberian senjata apa pun kepada Houthi dan “mendesak agar berhati-hati dan menahan diri untuk menghindari situasi di Laut Merah dan wilayah yang lebih luas”.

Kelompok Houthi belakangan menjadi sorotan setelah menyerang kapal-kapal di Laut Merah sejak tentara Zionis melancarkan invasi ke Palestina.

Sebelum invasi Israel ke Palestina, Houthi kerap meluncurkan drone di Laut Merah.

Pasca invasi, mereka mengaku membantu Palestina dengan menyerang kapal-kapal yang berafiliasi dengan Israel dan menyerang negara Zionis.

Serangan intensif dari kelompok Houthi telah memaksa perusahaan pelayaran beralih ke rute yang lebih panjang, sehingga menyebabkan biaya meningkat.

Tindakan Houthi membuat khawatir sekutu Israel, Amerika Serikat. Mereka pun membentuk aliansi untuk berpatroli di Laut Merah untuk mencegah serangan kelompok ini.

Sejumlah pihak memperingatkan akan meningkatnya konflik Israel-Palestina yang lebih luas setelah banyak pihak terlibat.

Israel melancarkan invasi pada 7 Oktober. Selama operasinya, mereka menyerang warga dan fasilitas umum seperti rumah sakit dan kamp pengungsi.

Akibat serangan Israel, lebih dari 23.000 orang di Palestina tewas

(DNA/DNA)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);