Berita Irman Gusman Usai Dipastikan Lolos DPD: Terima Kasih KPU

by


Padang, Pahami.id

Irman Gusman Dipastikan kembali ke Senayan menjadi anggota DPD RI mewakili Provinsi Sumatera Barat. Irman memperoleh 176.987 suara dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang berlangsung pada 13 Juli 2024.

Kepastian pasangan Irman didapat berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara PSU DPD RI yang dilakukan KPU Provinsi Sumbar, Sabtu (20/7).

Usai dinyatakan sebagai salah satu pemenang PSU, Irman mengucapkan terima kasih kepada KPU dan masyarakat Sumbar.

“Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada KPU Provinsi Sumbar yang telah berhasil melaksanakan rekapitulasi dengan lancar sesuai jadwal. Ini merupakan prestasi yang luar biasa, karena dalam waktu singkat kami sudah bisa menyelenggarakan PSU. Sungguh luar biasa tidak mudah (implementasi PSU), makanya kita harus memberikan kredit kepada KPU,” ujarnya CNNIndonesia.comSabtu (21/7).


“Kemudian hal ini juga perlu saya sampaikan kepada masyarakat Sumbar, karena walaupun tidak ada kampanye dan waktu yang cukup terbatas, mereka tetap memberikan suaranya dan memberikan saya amanah untuk menjadi wakil daerah di Senayan nanti, beserta tiga rekan saya yang lain,” tambahnya.

Mantan Ketua DPD RI ini memuji PSU yang dijalankan di Sumbar sebagai PSU yang luar biasa dan bersejarah. Implementasinya pun membawa berkah bagi masyarakat, karena alokasi anggaran lebih dari Rp350 miliar disalurkan ke Sumbar.

“PSU luar biasa dan bersejarah di republik ini. Tentu membawa keberkahan, dana APBN untuk KPU bisa mencapai Rp360 miliar dan dana melalui Bawaslu juga 40 miliar. Ini mampu memulihkan perekonomian masyarakat di Sumbar,” tuturnya. .

Irman berjanji akan menjaga kepercayaan yang diberikan.

Kepercayaan ini akan kita jaga dan jaga. Semoga kita bisa menjadi juru bicara Sumbar di tingkat nasional dan menjadi penghubung antara pusat dan daerah. Dengan kerjasama pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya, kita akan bersinergi untuk mewujudkan hal tersebut. menjadikan Sumbar lebih baik lagi,” ujarnya lagi.

Dari hasil pemindaian, Irman tercatat memperoleh 176.987 suara. Ia tertinggal dari Ustadz Jelita Donal yang memperoleh 187.765 suara dan Muslim M Yatim yang memperoleh 199.919 suara. Sedangkan suara tertinggi diperoleh Cerint Iralloza Tasya. Dokter muda yang baru berusia 21 tahun itu mendapat 283.020 suara.

Cerint berhasil mengalahkan dan menyingkirkan nama besar yang pernah duduk sebagai anggota DPD-RI asal Sumbar, yaitu Emma Yohana yang setelah PSU menduduki peringkat keenam dengan 122.547 suara dan Leonardi Harmainy yang kali ini hanya memperoleh 34.674 suara.

PSU diterapkan di 17.569 TPS di 19 kabupaten kota atau seluruh Sumbar. PSU tersebut dilaksanakan berdasarkan perintah Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 03-03/PHPU.DPD-XXII/2024 yang memerintahkan KPU untuk melaksanakan PSU pemilihan DPD RI Sumatera Barat (Sumbar) dengan mengikutsertakan pemohon dalam nama Irman Gusman.

Irman menggugat karena namanya dicoret dari daftar peserta Pemilu 14 Februari 2024. Bahkan, namanya muncul di Daftar Calon Sementara (DCS), setelah mendaftar sesuai prosedur.

(tidak/ugo)