Berita Iran Tangkap Mata-mata Mossad Diduga Bocorkan Rahasia Negara ke Israel

by


Jakarta, Pahami.id

Pihak berwajib Iran menangkap mata-mata yang dicurigai bekerja dan membocorkan informasi ke Badan Intelijen Israel Mossad, di Provinsi Ardabil. Penangkapan ini meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

Menurut para pejabat Iran, tersangka melakukan kontak dengan pejabat tinggi Mossad “melalui salah satu jaringan media sosial” dan mengumpulkan informasi untuk Israel, seperti dikutip. Agensi AnadoluKamis (6/6).


Jaksa di Ardabil, Jalal Afaghi, mengatakan mata-mata itu masuk dalam daftar orang yang dicari Kementerian Intelijen Iran.

Afaghi mengungkapkan, tersangka berasal dari wilayah di selatan Iran. Mata-mata tersebut juga telah melakukan perjalanan ke banyak daerah untuk menghindari pengawasan.

Tersangka, lanjutnya, berencana meninggalkan Iran. Namun, petugas berhasil menangkapnya di perbatasan.

Dalam beberapa tahun terakhir, badan intelijen Iran telah berulang kali menangkap orang-orang yang diduga melakukan misi spionase untuk Israel dan mengeksekusi mereka.

Pada bulan Januari, misalnya, Iran membunuh empat tersangka mata-mata Israel. Beberapa minggu sebelumnya, empat anggota tim sabotase yang dicurigai terkait dengan Mossad juga dieksekusi.

Pengumuman penangkapan terbaru ini juga terjadi pada saat memanas antara Iran dan Israel. Awal pekan ini, pasukan Zionis menyerbu sebuah pabrik di Aleppo, Suriah dan membunuh seorang jenderal pasukan khusus Iran.

Menanggapi serangan itu, Angkatan Bersenjata Iran bersumpah akan membalas dendam terhadap Israel. Kejadian serupa juga terjadi pada April lalu.

Pada awal April, Israel menyerang fasilitas diplomatik Iran di Damaskus, Suriah. Akibat serangan ini, puluhan orang tewas, termasuk komandan pasukan khusus Iran.

Iran kemudian membalas serangan itu sekitar dua minggu kemudian. Mereka meluncurkan ratusan rudal dan drone langsung ke Israel.

Israel sedang kacau. Namun, serangan itu berhasil berkat bantuan sekutu dekat mereka, Amerika Serikat.

(isa/dna)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);