Berita Iran Akhirnya Luncurkan Puluhan Rudal ke Israel

by


Jakarta, Pahami.id

Pengawal Revolusi Iran mengatakan pada Selasa (1/10) bahwa mereka meluncurkan puluhan rudal ke arah Israel. Mereka memperingatkan bahwa jika Israel membalas, respons Teheran akan lebih dahsyat dan merusak.

Laporan TV Pemerintah Iran menyebutkan serangan rudal ke wilayah Israel merupakan respons atas kematian pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan pembunuhan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah.

Setelah beberapa waktu menahan diri, Iran telah menargetkan jantung wilayah pendudukan dengan puluhan rudal menyusul kemartiran (pemimpin Hamas) Ismail Haniyeh, peningkatan serangan rezim Zionis di Lebanon dan Gaza, kemartiran pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah. dan Komandan Pengawal Abbas Nilforoushan,” kata pernyataan itu. TV Negara Iran, seperti diberitakan Al Jazeera.


Seorang pejabat senior Iran mengatakan Reuters bahwa peluncuran rudal tersebut diperintahkan oleh Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, yang masih ditahan dengan aman sejak serangan udara Israel di Beirut yang menewaskan Nasrallah pekan lalu.


Serangan rudal dari Iran dikonfirmasi oleh militer Israel, ketika sirene serangan udara terdengar di seluruh negeri dan Israel bergegas mencari perlindungan.

Juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan tidak ada laporan korban jiwa akibat serangan hari Selasa itu, dan militer tidak melihat adanya ancaman lain di wilayah udara Israel. Dalam konferensi pers, dia mengatakan masyarakat aman untuk meninggalkan tempat penampungan.

Layanan darurat Israel mengatakan setidaknya dua orang menderita luka ringan akibat pecahan peluru di wilayah Tel Aviv.

Militer sebelumnya memperingatkan bahwa setiap serangan rudal balistik dari Iran diperkirakan akan meluas dan meminta masyarakat untuk berlindung di ruang aman.

Garda Revolusi Iran mengatakan serangan rudal ke Israel adalah respons terhadap pembunuhan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah pekan lalu, serta pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh awal tahun ini, kantor berita Iran Fars melaporkan.

Televisi pemerintah Iran mengatakan 80 persen rudal yang ditembakkan ke Israel mengenai sasaran mereka. Sementara itu, militer Israel mengatakan “sejumlah besar” rudal telah dicegat. Berbicara kepada wartawan, Hagari mengatakan serangan itu serius dan akan menimbulkan konsekuensi “dalam waktu dekat”.

(Wow)