Berita Inggris Kirim 20 Ribu Pasukan Militer ke Seluruh Eropa, Ada Apa?

by


Jakarta, Pahami.id

Bahasa inggris akan mengerahkan 20 ribu personel militer untuk mengikuti salah satu latihan militer terbesar NATO.

Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps mengatakan ini adalah pengerahan terbesar Inggris dalam empat dekade, yang bertujuan untuk “memberikan jaminan penting” tentang “ancaman” yang ditimbulkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin terhadap Ukraina.


Personil militer yang terdiri dari Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Angkatan Darat, akan dikerahkan di seluruh Eropa dan sekitarnya bersama dengan personel dari 31 negara anggota NATO lainnya.

“NATO saat ini lebih besar dari sebelumnya, namun tantangannya juga lebih besar,” kata Shapps AFP. Ia juga mengatakan bahwa tatanan internasional kini menghadapi bahaya besar.

“Itulah sebabnya Inggris menyerahkan seluruh aset udara, darat, dan maritim kami kepada NATO,” tambahnya.

Kontingen militer Inggris akan mencakup jet tempur dan pesawat pengintai, kapal perang angkatan laut dan kapal selam tercanggih, termasuk pasukan operasi khusus.

Inggris disebut akan mengirimkan Carrier Strike Group yang terdiri dari kapal induk besar, serta jet tempur F-35B dan helikopter untuk latihan di Atlantik Utara, Laut Norwegia, dan Laut Baltik.

Sementara itu, sekitar 16.000 tentara akan dikerahkan di seluruh Eropa Timur mulai bulan depan hingga Juni 2024, membawa tank, artileri, helikopter, dan parasut.

Beberapa waktu lalu, Shapps mengatakan bahwa saat ini “musuh kita” sedang membangun kembali pertahanannya.

“Musuh-musuh lama sedang dihidupkan kembali, garis pertempuran sedang digambar ulang, tank-tank berada di tanah Ukraina dan fondasi tatanan dunia sedang terguncang hingga ke akar-akarnya,” kata Shapps beberapa waktu lalu.

Dalam pernyataannya, Shapps juga membahas serangan gabungan Inggris dan AS terhadap pemberontak Houthi Yaman pekan lalu. Namun dia menolak mengungkapkan serangan lain di masa depan.

(Dna)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);