Berita Immanuel Ebenezer, Ketua Prabowo Mania 08 Jadi Wamen Ketenagakerjaan

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Republik Indonesia Prabu Subianto menunjuk politisi Immanuel Ebenezer menjadi Wakil Menteri Tenaga Kerja pada Kabinet Merah Putih.

Ia akan mendampingi Prof Yaserrli yang dilantik menjadi Menteri Lembaga Nasional periode 2024-2029.

Nama Immanuel Ebenezer masuk dalam daftar Wakil Menteri Kabinet Merah Putih yang diumumkan langsung oleh Presiden Prabowo Subianto didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/10) malam.


Selanjutnya, Immanuel dan 55 Wakil Menteri Kabinet Merah Putih akan menjalani upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10) pagi pukul 10.00 WIB.

Pria bernama lengkap Immanuel Ebenezer Gerungan ini dikenal dengan nama Bung Noel saat menjadi Ketua Relawan Jokowi Mania pendukung pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Langkah politik pria kelahiran Riau, 22 Juli 1975 ini kian meningkat hingga diberi kepercayaan menjadi Komisaris Utama PT Mega Eltra pada 12 Juni 2021. Perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bergerak dalam bidang perdagangan, jasa konstruksi, keagenan dan industri cat.

Namun masa jabatannya sebagai Komisaris BUMN tidak bertahan lama, karena pada tahun 2022 Immanuel Ebenezer dicopot dari jabatannya.

Pada Pilpres 2024, Noel awalnya mendukung Jokowi Mania untuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Bahkan, dukungan tersebut melahirkan relawan Ganjar Mania.

Faktanya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) belum mengumumkan calon presidennya pada Pilpres 2024. Imbasnya, terjadi ketegangan antara Relawan Jokowi Mania dengan sejumlah politisi PDI-P.

Namun, tiba-tiba dukungan Jokowi Mania beralih ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Apalagi setelah putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka resmi mendampingi Prabowo sebagai calon wakil presiden.

Terakhir, Noel membubarkan relawan Ganjar Mania. Sarjana sosial Universitas Satya Negara Indonesia ini kemudian memutuskan bergabung menjadi kader Parti Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan membentuk relawan Prabowo Mania 08 untuk memberikan dukungan penuh kepada pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Kini, ia dilantik menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan menggantikan politikus Partai Bulan Sabit (PBB), Afriansyah Noor yang merupakan orang kedua di kementerian periode 2022-2024.

Dalam berbagai kesempatan, Presiden Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa pada masa pemerintahannya ia mempunyai beberapa misi strategis di bidang ketenagakerjaan, di antaranya; meningkatkan kesempatan kerja yang berkualitas, dan mendorong perusahaan untuk menyerap pekerja berusia 18-24 tahun sebagai pekerja tetap untuk mengurangi angka pengangguran pada angkatan kerja usia produktif.

(Antara/Senin)