Berita Houthi Tembak Tiga Rudal ke Dua Kapal Kontainer di Laut Merah

by


Jakarta, Pahami.id

Tentara Houthi Yaman menembakkan tiga rudal ke dua kapal dagang laut Merah pada Rabu (24/1) waktu setempat.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan satu rudal meleset dari sasarannya, sementara dua lainnya ditembak jatuh oleh kapal perusak Angkatan Laut AS.

Komando Pusat AS mengatakan rudal tersebut ditembakkan ke kapal kontainer M/V Maersk Detroit yang dimiliki dan dioperasikan AS. Tidak ada korban luka atau kerusakan pada kapal akibat penyerangan ini.


“Tindakan Houthi yang terus berlanjut berarti kami masih harus melakukan apa yang harus kami lakukan untuk melindungi kiriman tersebut,” kata Kirby mengutip AFP.

Raksasa pelayaran Denmark Maersk sebelumnya mengatakan dua kapal milik anak perusahaannya di AS berbalik arah setelah mendengar ledakan saat transit di selat Bab al-Mandeb.

Perusahaan itu juga mengatakan pengawal Angkatan Laut AS yang mengawal Maersk Detroit dan Maersk Chesapeake juga mencegat beberapa peluru.

“Awak kapal, kapal dan kargo selamat, tidak ada yang terluka. Angkatan Laut AS telah mengawal kapal tersebut kembali ke Teluk Aden,” tambah Kirby.

Serangan Houthi terhadap kapal-kapal di jalur perdagangan Laut Merah dimulai November lalu.

Milisi yang didukung Iran mengakui menargetkan kapal-kapal yang terkait dengan Israel, untuk membela warga Palestina yang menjadi korban agresi Israel di Gaza.

Hal ini menyebabkan beberapa perusahaan pelayaran beralih mengambil rute yang lebih panjang dan mahal di Afrika Selatan, untuk menghindari Laut Merah.

Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara lain juga membentuk koalisi untuk melawan serangan Houthi di perairan tersebut.

(Dna)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);