Berita Houthi Tembak Kapal Kargo Milik AS di Laut Merah

by


Jakarta, Pahami.id

pemberontak Houthi menyerang kapal kargonya Amerika Serikat (AS), Gibraltar Eagle dengan rudal pada Senin (15/1).

Kapal kargo berbendera Kepulauan Marshall Gibraltar Eagle terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam serangan ini dan kapal terus berlayar.


“Militan Houthi yang didukung Iran menembakkan rudal balistik anti-kapal dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi dan menyerang M/V Gibraltar Eagle,” kata Komando Pusat AS melalui akun media sosial X, sebelumnya Twitter, dikutip dari AFP.

“Kapal tersebut melaporkan tidak ada korban luka atau kerusakan signifikan dan terus melanjutkan perjalanannya,” tambah CENTCOM, yang mengarahkan operasi militer AS di wilayah tersebut.

Belum ada pernyataan langsung dari kelompok milisi tersebut, namun sumber militer Houthi dan pemerintah Yaman mengatakan pemberontak menembakkan tiga rudal pada hari Senin.

Insiden di Teluk Aden, selatan Laut Merah, terjadi sehari setelah rudal jelajah Houthi yang menargetkan kapal perusak AS ditembak jatuh.

Hal ini juga terjadi setelah Amerika Serikat dan Inggris menyerang beberapa lokasi yang dikuasai pemberontak Houthi di Yaman, pada Jumat 12 Januari.

Koalisi militer AS sebelumnya melaporkan serangan koalisi Inggris di Yaman pada Jumat dini hari (12/1) telah mengenai 60 sasaran milisi Houthi.

Komandan Pusat Angkatan Udara AS Letjen Alex Grynkewich mengatakan pasukan koalisi berhasil menyerang 60 sasaran di setidaknya 16 lokasi Houthi di Yaman.

Dia mengklaim 60 target tersebut termasuk pusat komando dan kendali, depot amunisi, sistem peluncuran, fasilitas produksi dan sistem radar pertahanan udara Houthi.

Pejabat Houthi mengatakan serangan AS dan Inggris telah mempengaruhi beberapa lokasi penting, seperti Pangkalan Udara Al Dailami di ibu kota Sanaa, kawasan Bandara Internasional Hodeidah, pangkalan militer di Saada, kawasan Bandara Internasional Taiz dan sekitarnya di Yaman selatan. dan bandara di kota Abs.

(afp/fra)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);