Berita Houthi Beber Syarat Setop Serang Kapal di Laut Merah

by


Jakarta, Pahami.id

Milisi Houthi di Yaman mengatakan syarat untuk menghentikan serangan mereka terhadap jalur perdagangan internasional Laut Merah adalah gencatan senjata yang mendalam Gaza.

Dalam pernyataannya pada Selasa (27/2), kelompok Houthi mengatakan mereka hanya akan mempertimbangkan kembali serangan rudal dan drone mereka di Laut Merah setelah Israel mengakhiri invasinya ke Gaza.


Ketika ditanya apakah mereka akan segera menghentikan serangan jika gencatan senjata disepakati, juru bicara Houthi Mohammed Abdulsalam mengatakan mereka akan meninjaunya jika pengepungan berakhir dan bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Gaza dengan bebas.

“Tidak akan ada penghentian operasi apa pun kecuali ketika invasi Israel ke Gaza dan pengepungan berhenti,” kata Abdulsalam seperti dikutip. Reuters.

Awal pekan ini, sebuah kapal curah Yunani berbendera Kepulauan Marshall terkena rudal 3 mil laut dari posisi kapal.

Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) mengirimkan peringatan menyusul insiden tersebut. Awak kapal dan kapal dilaporkan selamat dan dapat melanjutkan perjalanan ke pelabuhan berikutnya.

Risiko pelayaran melalui kapal yang melintasi Laut Merah semakin berisiko karena Houthi telah berulang kali melakukan serangan di perairan tersebut dan di Selat Bab al-Mandab.

Sejak November, kelompok Houthi secara agresif menargetkan kapal-kapal terkait Israel yang melewati perairan ini, sebagai tindakan solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza.

Kelompok Houthi bahkan mengaku telah mengirimkan pemberitahuan resmi kepada pejabat pelayaran dan perusahaan asuransi, terkait larangan kapal yang terkait dengan Israel, Amerika Serikat, dan Inggris, untuk menghindari Laut Merah.

(dna/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);